Tuesday, December 24, 2013

Burung Kenari

Pengalaman ternak burung kenari lokal saya yang harus disiapkan ketika masih umur 6 bulan ke atas telah terlihat duburnya yang menonjol. ternak kenari mudah dengan pertama memberiakan vitamin agar telur tidak kosong, lalu siapkan sarang atau serat nanas dalam kandang untuk ternak, ukuran tidak jadi masalah yang penting tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar, sedanglah kiranya..

jika sudah dijodohkan jadikan satu antara burung kenari jantan dan burung kenari betina pada satu sanggar burung dan diletakan paling aman dan bagus dalam posisi nempel tembok.
kadang kita tidak sabar untuk melihat dan memperhatikan burung, jika sangkar sudah rapi dan berbentuk bulat tidak lama lagi betina bertelur proses dari perjodohan 5 hingga 10 hari burung bertelur dan dihitung dari hari pertama burung bertelur dan si jantan sebaiknya dipisahkan, dan telur yang sudah di erami 14 hari menetas misalkan tanggal 1 telur pertama keluar tanggal 14-15 telur menetas. dan jika hari berikutnya telat menetas terawang aja bisa pake senter atau cahaya jika hitam biar kan dulu, jika bening itu tidak dibuahi di buang saja. dan berikan vitamin pada indukan agar indukan tetap fit dan sehat !