Thursday, February 19, 2015

Jenis-jenis Cacing Tanah Untuk Pakan Burung

Jenis-jenis Cacing Tanah Untuk Pakan Burung
Saya telah membahas tentang Jenis-jenis Burung Pleci dan sekarang mari kita membahas tentang Jenis-jenis Cacing Tanah Untuk Pakan Burung. Cacing memang digunakan secara luas oleh para penghobi burung untuk pakan hewan kesayangan mereka, dan karena cacing adalah hewan tingkat rendah tidak bertulang belakang (invertebrata). Dalam konteks pakan burung, maka kita akan membahas cacing tanah dan kerabatnya yang biasa diumpankan kepada burung. Cacing tanah sendiri termasuk kelas oligochaeta dengan famili terpenting dari kelas ini adalah Lumbricidae dan Megascilicidae.

Sebelum berbicara lebih jauh tentang manfaat pakan cacing untuk burung, sebaiknya kita membahas sedikit tentang jenis cacing itu sendiri.

Jenis cacing yang paling banyak dibudidayakan saat ini berasal dari famili Lumbricidae dan Megascolicidae dengan genus Eiseinia, Lumbricus, Perionyx, Pheretima, Lidrillus dan Diplocardi. Dari beberapa jenis tersebut yang paling populer antara Iain adalah Perionyx, Pheretima dan Lumbricus. Ketiga jenis cacing tanah ini sangat menyukai bahan organik yang berasal dari sisa-sisa tumbuhan dan pupuk kandang.

  • Lumbricus. Cacing ini berbentuk pipih dengan jumlah segmen sekitar 90-195 dan klitelum yang terletak pada segmen 27-32. Jenis Lumbricus kalah bersaing dengan jenis Iain dan berdampak pada tubuhnya yang lebih kecil. Namun bila jenis ini diternakkan, maka besar tubuhnya bisa menyamai atau melebihi jenis Iain.
  • Pheretima. Cacing ini bersegmen sampai 95 -150. Klitelumnya terletak pada segmen ke 14 - 16. Ciri tubuhnya berbentuk silindris dan gilik panjang berwarna merah keunguan. Jenis cacing tanah yang termasuk ke dalam Pheretima antara Iain cacing koot, cacing merah dan cacing kalung.
  • Perionyx. Cacing ini berbentuk gilik berwarna merah kecokelatan sampai ungu tua dengan jumlah segmen 75-165 dan klitelumnya terletak pada segmen 13 dan 17. Jenis cacing Perionyx termasuk cacing agak manja sehingga dalam pemeliharaannya diperlukan perhatian yang lebih serius.

Kesimpulan Jenis-jenis Cacing Tanah Untuk Pakan Burung

Cacing tanah jenis Lumbricus rubellus ini memang memiliki keunggulan lebih banyak dibanding kedua jenis yang Iainnya, karena produktivitasnya tinggi (penambahan berat badan, produksi telur/ anakan dan produksi bekas cacing "kascing")  serta tidak banyak bergerak. Jadi kesimpulannya bahwa jenis Lumbricus rubellus lebih mudah dibudidayakan dan sangat potensial sebagai pakan burung. Dari tulisan tersebut anda akhirnya mengerti tentang Jenis-jenis Cacing Tanah Untuk Pakan Burung.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Jenis-jenis Cacing Tanah Untuk Pakan Burung