Tuesday, September 29, 2015

Mengatasi Scaly Leg Kaki Berkerak Pada Burung


Pernah meilhat kenari kakinya berkerak seperti gambar ?? Kerak ini disebabkan oleh tungau berkaki delapan atau dalam bahasa ilmiahnya disebut Knemidokoptes pilae (dieja cnemidocoptes). Tungau ini menghabiskan siklus hidupnya di bagian burung kenari yang tidak ditumbuhi oleh bulu.

Tungau kaki menghabiskan seluruh siklus hidupnya pada tubuh burung. Mereka bersembunyi dalam epitel (lapisan teratas dari kulit), khususnya kaki dan jari kakinya. Bagian-bagian yang diserang akan segera ditumbuhi lesi atau benjolan berwarna abu-abu atau putih.

Ukuran lesi ini mulanya sangat kecil, tetapi lama-lama membesar, bahkan bisa melebihi ukuran kaki dan jari kaki burung. Dalam kondisi parah, penyakit ini bisa menimbulkan cacat pada kaki burung.
Pada paruh, lesi umumnya muncul di bagian pangkal, dan lesi yang membesar akan menutupi beberapa bagian wajah. Oleh karena itu, dalam literatur kesehatan unggas dikenal pula penyakit bernama scaly face atau wajah berkerak, yang sebenarnya muncul dari pangkal paruh.

Penyakit ini kerap menyerang pada parkit, kenari dan burung berukuran kecil. Lesi pada kaki umumnya menyerang kenari, sedangkan lesi wajah lebih sering menyerang burung parkit. Dalam kasus yang parah, kaki dan jari kaki bisa menjadi cacat.

Apabila menjumpai lesi pada kaki burung, jangan menunggu sampai lesi tersebut membesar. Penyakit ini bisa diobati, terlebih jika kondisinya belum membesar sekali. Di beberapa negara Barat, produk yang dikenal antara lain Ivermectin dan Moxudectin.

Untuk Pencegahan dapat melakukan hal berikut :

  • Biasakan mencuci wadah pakan, wadah air minum, cepuk eksra fooding, dan tenggeran setiap hari, menggunakan air sabun, dan dibilas dengan air bersih.
  • Apabila wadah pakan, air minum, cepuk ekstra fooding, dan tenggeran sudah terlalu lama, apalagi kotoran yang melekat susah dihilangkan, jangan ragu untuk menggantinya dengan yang baru.
  • Biasakan seminggu sekali sangkar / kandang disemprot dengan desinfektan (obat suci hama), yang bisa dibeli di apotek, toko kimia, dan poulty shop dengan harga relatif terjangkau.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mengatasi Scaly Leg Kaki Berkerak Pada Burung