Sunday, November 15, 2015

Membedakan Jantan atau Betina Burung Pleci di Kandang Ombyokan


Burung Pleci dalam membedakan jenis kelaminnya memang sedikit sulit karena burung pleci pada dasarnya merupakan burung jenis monomorphic yaitu bentuk, warna dan stukturnya sama antara jantan dan betina. Bahkan para ahli ornitology (cabang penelitian burung) sulit untuk membedakan kelamin apabila dilihat dari bentuk fisiknya.

Tips Kicau Burung memberikan sedikit referensi tentang membedakan jenis kelamin burung pleci atau kacamata di kandang ombyokan menurut pengalaman berbagai kicau mania. Berikut referensinya 

Memilih Pleci Jantan/Betina Dikandang Ombyokan
Dipasar burung biasanya kita akan menjumpai burung pleci kandang ombyokan, nah jika anda ingin membeli pleci yang jantan, maka coba untuk memperhatikan hal berikut:

Kompetisi Antar Pleci
Burung-burung jantan pleci biasanya akan saling berkompetisi/berkelahi, akibat perkelahian tersebut maka akan meninggalkan bekas luka disekitar paruh. Kenapa kita harus memperhatikan hal tersebut? Walaupun tidak 100% benar tetapi setidaknya bisa menjadi bahan referensi untuk memilih karena kebiasaan pleci. Jadi pilihlah yang terdapat luka diatas paruhnya.

Menyemprot Pleci Dengan Air
Setelah kita menentukan salah satu pleci yang dipilih, selanjutnya cobalah anda semprotkan air kebagian kepala burung. Jika sudah terlihat basah maka ciri-ciri pleci jantan akan sedikit terlihat, yaitu dengan melihat pupil mata, Pleci jantan akan mengecil atau seperti mata kuyu jika kepala dalam keadaan basah. Selain itu akan terlihat seperti ada jambul dikepala pleci.

Demikian referensi yang dirangkum oleh Tips Kicau Burung dalam membedakan jenis kelamin burung pleci di kandang ombyokan, walaupun referensi tersebut belum seutuhnya benar tetapi bisa dijadikan referensi bagi Kicau Mania yang bingung pada saat hendak membedakan jenis kelamin burung pleci.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Membedakan Jantan atau Betina Burung Pleci di Kandang Ombyokan