Tuesday, February 16, 2016

Melatih Pleci Mandi Di Luar Kandang

Melatih Pleci Mandi Di Luar Kandang

Bisa Melatih Pleci Mandi Di Luar Kandang merupakan kebanggan tersendiri, karena tidak semua orang mampu untuk melakukan hal yang seperti itu. Dibutuhkan banyak kesabaran dan benar-benar rasa kasih sayang. Seperti halnya dengan peliharaan yang lain  merawat burung pleci juga perlu adanya perhatian khusus biar lama kelamaan kalo kata tetangga saya, Kimisterinya dapat alias ikatan batin kita terhadap burung jadi ada. Banyak yang berpendapat bahwa untuk menaklukkan burung pleci biar mudah jinak dan nurut harus dilakukan dengan perawatan dari lolohan atau saat masih piyek atau kecil abangan.

Namun hal ini tidak sepenuhnya benar, tapi juga tidak dipungkiri kebenaranya. Memang kalo kita melakukan perawatan dari saat piyekan atau lolohan besar kemungkinan akan menjadi lulut alias nurut. Dari hal ini saya sedikit tertantang untuk melakukan hal ini namun saya batasinya dengan  memberikan pelatihan dengan targetnya burung pleci bisa mandiri untuk mandi tanpa harus didalam kandang inti.Pokoknya setiap kali saya kasih wadah atau kerambah pemandian baik itu dari bak mandi atau piring kecil dia akan langsung mandi dengan sendirinya.

Teknik Melatih Pleci Mandi Di Luar Kandang sudah terbukti berhasil

Untuk melakukan pelatihan  pemandian pleci diluar kandang adalah yang pertama -tama
Waktu atau jam saat melakukan pemandian selalu dijam yang sama dengan menggunakan media yang sama pula. Serta dilakukan oleh orang yang sama juga

  • Berikan upah berupa hadiah / makanan setelah selesai madi. Ini dimaksudkan untuk merangsang batin pleci terhadap majikanya.
  • Hindari dari gannguan luiar baik berupa kucing lewat atau ayam, intinya bikin senyaman mungkin burung saat melakukan pemandianya.
  • Teknik dasar tadi merupakan tekni init dari jurus atau trik yang perlu kita ketahui. Biar pada praktek pemandian burung pleci kita sudah tahu latar belakang dan maslah yang harus kita selesaikan jika menemukannya. Biasanya para pecinta burung pleci menghadapi masalah tentang kebiasan jam permadian yang tidak teratur dan ornag yang sama juga yang memandikannya.

Namun perlu diingart bahwa tenik ini perlu untuk dilakukan biar burung pleci tidak mudah kaget dan stress. Vitalitas pelu kita jaga juga dengan memberikan asupan makanan yang bergisi dan seimbang. Serta didukung dengan perawatan harian yang baik. Bisa dipastikan jarang enam bulan burung pleci kita sudah jinak dan mau mengenali siapa tuanya.

Pertama yang harus kita lakukan untuk prakteknya yaitu


Jarak satu sampai  tiga minggu berturut adalah kita ganti kandang yang bisas dipakai dengan kandang yang khusus untuk digunakan saat mandi.

Perlu dicatat jangan kita pindahkan dengan cara kita pegang burung atau di tangkap.Biarkan dia pindah secara alami cukup buka kedua kandang biar dia masuk dengan sendirinya. Teknik ini bisa dipancing dengan ditaruh jangkrik atau ulat hongkong di kandang yang mau dialihkan

Jika dirasa sudah bisa dengan cepat dia masuk tanpa adanya proses penungguan yang terlalu lama, yang mendakan burung sudah mulai biasa, maka kita bisa mencobanya yang lebih lagi dengan melepasnya di luar kandang biar di mandi dengan sendirinya. namu perlu untuk diingat untuk teknik ini cari ruangan yang tidak terlalu luas jika burung lepas dan mau kabur mudah untuk di tangkapnya.

Nah jika ditahap ini sudah bisa berjalan dengan mulus maka kita bisa melakukan apa saja dan bisa dipastikan biasanya jika dia kabar dari sangkar maka biasanya siburung akan kembai lagi disangkarnya.

Karena sejatinya burung juga membutuhkan kenyamanan. Teknik ini membuuhkan ketlatenan dan kleberhasilnya tergantung dari niat kita masing-masing. Yang paling penting adalah keseriusan dan kesabaran.

Dan ada juga yang tidak melakukan teknik ini namun mereka sudah memeliharanya dari lolohan atau sejak kecil. Mereka biasanya secara alamiah sudah mendapat ikatan batin saat pemberian makan dan bisa dipastikan jika memlihara burung saat lolohan atau piyek biasnaya cenderung lebih mudah jinak dibandingkan dengan master ombyokan yang dibeli dipasaran.

Nah itu semua tergantung dari niat anda yang mau memulainya dari mana.Yang paling terpenting adalah adanya kepuasaan saat apa yang kita lakukan memberikan manfaat dan sesuai dengan keinginan kita.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Melatih Pleci Mandi Di Luar Kandang