Saturday, January 27, 2018

Cara Mengatasi Burung Cucak Ijo Over Birahi

burung cucak ijo over birahi

Salah satu masalah umum yang sering terjadi pada burung cucak ijo adalah over birahi (OB), kondisi seperti itu tentu bisa mengurangi penampilan baik di rumah maupun saat di lombakan. Kita perlu mengenali perilaku cucak hijau yang mengalami over birahi dan bagaimana cara mengatasinya. Over birahi / OB adalah gejala umum yang sering terjadi dan mempengaruhi hampir semua jenis burung peliharaan, kondisi ini biasanya dipicu oleh beberapa faktor seperti pemberian makanan secara berlebihan, dan faktor lain yang terkait dengan emosi, usia, dan kondisi burung. Kicaumania yang berpengalaman pasti akan berusaha mengatasinya atau setidaknya mengurangi kondisi over birahi yang menimpa burung kesayangannya, sebab selain mengurangi penampilannya burung yang over birahi biasanya jarang berkicau bahkan sering terjadi perubahan perilaku seperti manja, garang, mencabut bulu sendiri, dan sebagainya.

Cucak hijau adalah salah satu burung berkicau yang sangat rentan terhadap over birahi, saat mengalami over birahi burung cucak ijo akan menunjukkan beberapa perilaku berbeda dari biasanya.

Berikut adalah beberapa perilaku cucak hijau saat mengalami over birahi :
1. Sering menjulurkan lidah dan terkadang disertai dengan mengembangkan bulu tubuhnya atau biasa disebut mbalon.

2. Jarang berkicau tapi tiba-tiba menjadi lebih garang dan sering ngentrok / ngejambul saat di goda dengan tangan atau didekatkan diri dengan jenis burung lainnya.

3. Jarang berkicau tapi saat melihat pemilik / perawat akan ngeriwik dengan suara rendah sambil membungkukkan badannya.

4. Pada kasus yang lebih parah over birahi bisa menyebabkan burung cucak ijo sering mencabut bulu mereka.

Over birahi jarang ditemukan pada burung cucak ijo yang hidup di alam bebas, ini biasanya hanya terjadi pada cucak ijo peliharaan termasuk cucak hijau di penangkaran. Jika kondisi ini di biarkan dan tidak segera ditangani akan bisa memberi efek buruk terutama bagi burung yang sering dilombakan.

Untuk mengatasi burung cucak ijo yang mengalami over birahi, inilah beberapa hal yang dapat Anda lakukan :
1. Kurangi pemberian pakan tambahan / extra fooding (EF), terutama jangkrik, kroto, dan ulat hongkong
2. Berikan tambahan pakan ulat bambu, beri 1 - 2 ekor pagi dan sore setiap hari.
3. Rutin memandikan burung setiap hari, jika biasanya dimandikan sekali sehari sekarang frekuensinya dinaikkan menjadi 2-3 kali sehari.
4. Beri makan buah yang banyak mengandung air, seperti jeruk, pepaya, atau belimbing.
5. Sebagian kicaumania meyakini “terapi untulan” cukup ampuh untuk mengatasi burung yang over birahi, cara yang biasa dilakukan adalah memasukkan burung kecil seperti emprit / burung gereja ke dalam sangkar cucak hijau. Bisa juga memasukkan untulan bersama cucak hijau dalam kandang umbaran.

Demikian beberapa tips mengatasi cucak hijau yang over birahi, setelah burung mulai stabil di rumah atau lapangan maka perawatan hariannya harus lebih sering diperhatikan. Pemberian pakan buah-buahan yang bervariasi serta multivitamin seperti BirdVit bisa membantu menjaga kondisi serta mencegah burung mengalami over birahi.