Sunday, March 11, 2018

Cara Tepat Memaster Burung Jalak Suren Trotolan

cara memaster jalak suren trotolan

Tidak sedikit yang ingin mememelihara burung jalak suren sejak trotolan yang dilatih dengan isian suara yang spesial, burung jalak suren trotolan cukup mudah ditemukan di pasar burung dengan harga terjangkau. Berikut tips memaster burung jalak suren trotolan dengan tepat, burung jalak suren cukup di gemari karena suara kicauan yang nyaring dan bervariasi. Burung ini memiliki karakter yang sangat khas yang langsung berkicau ramai saat melihat seseorang lewat atau mendekati kandang, karena itu burung jalak suren sering disebut burung rumahan atau satpam.

Banyak kicaumania yang berpikir bahwa memelihara burung jalak suren trotolan yang tidak memiliki lagu permanen menjadi tantangan tersendiri, selain dapat di latih jinak tangan burung jalak suren trotolan ini juga bisa menjadi masteran dengan lagu-lagu isian sesuai yang diinginkan, seperti suara aneka burung dan serangga dan setelah dewasa burung itu akan istimewa dengan lagu-lagunya yang mewah. Sebaiknya pilih burung jalak suren trotolan yang berumur 2,5 bulan atau bisa makan voer, Pada usia tersebut burung bisa lebih fokus pada suara masteran dibanding burung yang masih di loloh.

Pemasteran burung jalak suren bisa dilakukan dengan dua cara sebagai berikut :

1. Pemasteran menggunakan burung masteran.
Memaster burung jalak suren dengan master burung lebih efektif, karena lebih mudah diterima oleh burung. Berikut adalah tips memaster jalak suren trotolan dengan menggunakan masteran burung :
A. Pilihlah burung masteran yang sudah rajin bunyi dan gacor, selain itu pilihlah burung masteran yang memiliki suara kicauan berbeda dari burung kebanyakan agar suaranya nanti terdengar lebih unik.

B. Pemasteran dilakukan pada pagi, sore, dan malam hari, dengan cara menggantang sangkar trotolan jalak suren berdekatan dengan sangkar yang berisi burung masterannya.

C. Untuk menambah variasi suara isian pemasteran sebaiknya dilakukan secara bergantian, misalnya setiap tiga kali sehari dimaster dengan menggunakan burung yang berbeda.

D. Agar jalak suren trotolan lebih fokus pada suara masterannya sebaiknya pemasteran dilakukan pada ruangan dengan posisi sangkar dikerodong.

E. Setelah 1-2 minggu pemasteran Anda bisa mengganti dengan burung masteran lainny, Anda bisa mendapatkan burung masteran baru dengan sistim barter atau tukar tambah.

Namun pemasteran dengan menggunakam burung masteran membutuhkan biaya tak sedikit, apalagi perawatan hariannya. Alternatifnya banyak kicaumania yang memanfaatkan suara masteran dari audio mp3 karena mudah didapat dan terdiri atas beragam suara burung.


2. Pemasteran menggunakan suara burung dari audio mp3
Pemasteran menggunakan mp3 audio yang memiliki kelemahan tersendiri m,isalnya jika kualitas suara master tidak bagus, tentu suara akan diabaikan burung jalak suren karena tidak bisa diterima dengan baik oleh burung.

Berikut adalah beberapa persyaratan khusus untuk suara masteran mp3 yang bisa diterima dengan baik oleh suren jalak trotolan :

A. Kualitas audio harus jernih, tidak bercampur dengan suara lain yang bisa menghampat proses pemasteran.
B. Volume audio yang diputar sebaiknya tidak terlalu kencang, selain karena tidak dapat diterima oleh burung karena terlalu berisik juga bisa dimusuhi oleh tetangga.
C. Pemutaran suara masteran dari audio mp3 sebaiknya dilakukan dalam ruangan / kamar tertutup.

Bagaimana cara memaster trotolan jalak suren dengan menggunakan audio mp3 :

A. Pemasteran dilakukan dengan memutarkan suara rekaman burung dari perangkat audio seperti handphone atau mp3 player yang dihubungkan dengan speaker berimpedansi rendah, agar suara yang terdengar lebih nyaring dan lebih jelas.

B. Lakukan pemasteran di dalam kamar / ruangan dengan kondisi sangkar full kerodong, posisi sangkar bisa digantang atau diletakkan di lantai ruangan.

C. Putarkan suara masterannya dengan volume sedang tapi jelas terdengar, jika perangkat Anda memiliki filter atau equalizer aturlah pada posisi flat agar suara yang keluar adalah suara aslinya. Namun apabila suara yang muncul kurang jelas terdengar, Anda bisa memanfaatkan fitur-fitur untuk membuatnya lebih nyaring.

D. Agar suara masteran dapat langsung diterima oleh burung, maka pemasteran sebaiknya dilakukan setiap hari pada pagi, sore dan malam hari.

E. Siapkan lima suara masteran yang akan diputarkan, suara tersebut bisa terdiri atas suara burung atau suara serangga. Namun pemasterannya hanya menggunakan satu jenis suara saja dan setiap beberapa hari sekali diganti dengan suara masteran lainnya, setelah 1 bulan burung akan mendapat suara masteran sebanyak lima jenis suara berbeda.

Itulah cara melakukan pemasteran pada burung jalak suren trotolan dengan menggunakan burung masteran atau suara burung dari mp3 audio, setelah usia 4-5 bulan burung tersebut mulai mempelajari lagu masterannya melalui ngeriwiknya. Jikaburung jalak suren telah menginjak dewasa atau umur lebih dari 6 bulan, mereka akan bisa berkicau dengan lagu-lagu yang selama ini di pelajarinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Tepat Memaster Burung Jalak Suren Trotolan