Sunday, May 6, 2018

TIPS MEMILIH BAKALAN MURAI BATU LOMBA

TIPS MEMILIH BAKALAN MURAI BATU LOMBA-Hai guys, kalian pasti tahu dengan burung murai batu yang memang merupakan salah satu burung yang bisa mengeluarkan kicauan merdu dan sangat bagus. Ada murai batu yang berasal dari penangkaran (ternak) ada juga murai batu yang berasal dari hutan, jadi kita menangkap langsung dari hutan dan suara kicaunya tidak kalah dengan yang dari penangkaran.

Nah, jika kalian ingin memelihara murai batu hutan dan males untuk menagkapnya, maka bisa juga kalian membelinya dari penjual burung. Akan tetapi ingat jangan sampai kita tertipu, karena ada juga oknum penjual burung yang menghalalkan segala cara agar bisa menghasilkan uang yang banyak. Untuk itu kita harus tahu terlebih dahulu ciri dari murai batu hutan yang benar dan bagus agar tidak akan tertipu.


Ciri Burung Murai Batu Hutan yang Bagus dan Berkualitas
  • Bagian Mata Murai Batu
Kalian pilih murai batu yang mempunyai mata cerah dan sorotannya tajam serta melotot. Jangan memilih murai batu yang memiliki mata buram atau ada selaput putihnya karena kemungkinan itu terkena katarak dan bisa mengakibatkan kebutaan.
  • Bagian Kepala Murai Batu
Kalian harus tahu bahwa bentuk kepala dengan mata murai batu merupakan kombinasi yang berpasangan sehingga membuatnya sangat pas. Murai batu yang bermental baja biasanya memiliki bentuk kepala yang kotak.
  • Bagian Paruh Murai Batu
Kalian pilih murai batu yang mempunyai paruh lurus dan pilih murai batu yang mempunyai lubang hidung sedekat mungkin dengan mata.
  • Bagian Ekor Murai Batu
Murai batu yang bagus mempunyai bulu ekor yang rapat namun tidak terlalu tebal alias ringan tapi kuat.

  • Bagian Bulu Dada Murai Batu
Kalian pilih bulu dada murai batu yang agak kekuning – kuningan dan itu akan memudahkan kita dalam melatihnya.
  • Bagian Postur Tubuh Murai Batu
Untuk bagian tubuh bisa kalian lihat pada bagian leher (harus panjang), ekor dan kaki harus serasi. Jangan pernah membeli murai batu yang buntet atau kaki seperti mencengkram kuat karena bisa jadi murai batu tersebut sedang dalam keadaan sakit.
  • Perilaku Murai Batu
Murai batu yang bagus dan sehat akan terlihat dari prilakunya, jadi ketika kita pegang maka akan melawan dengan mamtuk tangan kita serta mempunyai nafsu makan yang besar
  • Usia Murai Batu
Usahakan membeli murai batu yang masih berusia muda, biasanya murai batu yang masih muda memiliki bintik coklat pada bagian sayap dalam sebelah kanan.
Nah, itulah beberapa ciri murai batu hutan yang memiliki kualitas bagus, tapi ingat jangan sampai kita merusak hutan karena ingin mendapatkan murai batu hutan. Karena itu bisa merusak habitatnya dan dilindungi oleh pemerintah, semoga bisa bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : TIPS MEMILIH BAKALAN MURAI BATU LOMBA