Tuesday, May 1, 2018

Tips mencari settingan ef harian yg tepat buat murai batu.

Banyak sekali pertanyaan soal ef harian yg tepat dan bagaimana cara mendapatkan settingan yg pas buat mb kita,selama ini kebanyakan kita memberi makan mb berdasarkan feeling aja dan didasari dengan asumsi saja,padahal kita ga tau sebenernya berapa porsi yg pas buat mb kita per sekali waktu makan,nah mari saya coba bagikan cara menemukannya lewat apa yg telah saya coba,pengetahuan ini saya dapatkan dari omBagoes Poer dan om Hilman Prinaya,semoga mereka ga marah ilmunya di umbar,wkwkwkwkwkwk,saya tau merekalah....,ga mgkn marah,xixixixixixi......
Contoh:Pagi jam 5 keluarkan mb,beri makan jk,ada 2 cara untuk mencari settnya

1.beri jk 1 per 1 pada mb,perhatikan dan amati betul brp ekor jk yg dimakan sampai hanya di main2kan saja jknya atau hanya dibuang ke karpet aja jknya,nah itulah jk yg tidak masuk hitungan dalam jumlah sett,misal 5 jk dimakan lalu ketika diberi yg ke 6 hanya dimain2kan saja maka hitungannya jumlah sett jk 5ekor pagi,nah lakukan jg cara yg sama pada sore harinya,ulangi selama beberapa hari sampai ketemu secara konsisten sett jknya.

2.nah cara kedua ini hampir sama hanya saja cara yg kedua ini lebih tepat untuk mb yg kejinakan,supaya mb tidak semakin jinak karena di beri jk 1per1 maka kita gunakan cara lain,
Contoh:beri jk 10 ekor pada cepuk,perhatikan dan amati wkt mb makan,ketika mb sudah memain2kan jk dan berhenti makan,ambil cepuknya lalu hitung brp yg termakan lalu sisanya jangan diberikan lagi.

Catatan penting lainnya adalah waktu makan harus konsisten jika pagi jam 5 ya seterusnya demikian,kalo sore jam 4 ya seterusnya demikian.
Kenapa harus konsisten? supaya settnya tidak berubah2,karena jika anda telat memberi makan maka mb akan naik porsi makannya,sebaliknya jika kecepetan maka mb yg masih kenyang akan menyisakan makanannya,akhirnya settingan kembali jadi kacau dan pengaruhnya ya emosi mb jg jadi ga stabil,sebab setiap ef yg diberikan memiliki efek birahi,hanya kadarnya yg berbeda2 pada setiap jenis ef,kalo pola makannya kacau ya naik turun birahinya mb jg kacau.
Pertanyaan yg timbul biasanya: wah om mb saya kalo dikasih jk berapa aja habis om,nah jika seperti itu namanya mb masih belum stabil rawatan hariannya,biasanya mb seperti itu kita temukan saat kita baru membeli mb baru atau bahan,saya jg pernah mengalaminya,berapapun jk diberi habis,bahkan ada yg mampu makan hingga jumlah yg ga masuk akal kurleb 20ekor per sekali makan,nah untuk kasus seperti ini biarkan saja mbnya kenyang dulu nti besok2 kalo dah stabil baru cari settnya,ga mgkn terus2an makannya seperti itu.

Nah skrg kita bahas soal pemberian kroto.

Cara mencari settnya kalo saya biasanya kroto saya berikan setelah aktifitas pagi selesai,yaitu setelah embunin,jemur,mandi,lalu baru saya beri kroto,
contoh misalnya berikan 1sdk makan kroto segar,lalu perhatikan sisa kroto pada sore harinya ketika kita memberi makan jk di sore hari,jika kondisi cepuk kroto bersih tak bersisa berarti kroto kurang,tambahkan porsi kroto per setengah sendok untuk sett kroto esok harinya,tapi jika cepuk kroto masih tersisa sedikit kurleb 50 sd 70 butir kroto atau 1layer tipis kroto maka porsi yg diberikan sudah cukup.

Demikian keseharian mb harus habis makan semua ef yg diberikan,jk pagi,kroto siang,jk sore semua harus habis dengan sett yg pas,kalo saya malah voer lah yg sebenernya menjadi ef,jk dan kawan2lah makanan pokoknya,hanya karena sudah terbiasa menyebut jk dkk sebagai ef maka saya menggunakan bahasa ef buat jk dkk,voer saya berikan sedikit saja,makan ga dimakan voer tetap saya sediakan buat mb.

Sekian penjelasan saya,jika kita sudah menemukan semua sett sesuai dengan apa maunya mb,mb jg pasti akan merasa nyaman dan cepat mencapai kondisi puncaknya,selamat mencoba,sekali lagi mohon maaf kalo ada perbedaan dengan cara settingan teman2 yg lain,sukses buat kita semua....

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips mencari settingan ef harian yg tepat buat murai batu.