Sunday, July 22, 2018

Beberapa Ciri Ciri Penyebab Burung Lovebird Macet Bunyi

lovebird macet bunyi

Cara Mengatasi Burung Lovebird Macet Bunyi - Selain mudah dirawat dan mudah jinak burung lovebird banyak digemari karena suara lovebird sangat nyaring,  oleh karena itu lovebird sering dijadikan salah satu burung masteran untuk memberi efek tembakan. Lovebird saat ini juga merupakan primadona dalam berbagai kompetisi kicau, ini juga menjadikan harga burung lovebird mengalami peningkatan.

Namun seperti jenis burung kicau lainnya, lovebird juga bisa mengalami macet bunyi. Untuk mengatasinya tentunya harus diketahui terlebih dahulu sebab dari suara lovebird macet, merawat lovebird untuk tetap aktif dan rajin bunyi tidak cukup hanya melalui pemberian makan sehari-hari tetapi harus disertai dengan bentuk perawatan lain, termasuk memahami keinginan burung. Dengan begitu burung akan terlindungi dari stres, ngedrop, bahkan suara macet.

Selain itu ada beberapa faktor lain menyebabkan suara lovebird yang biasanya rajin berkicau berubah menjadi macet bunyi, oleh karena itu tidak ada salahnya Anda mengenali ciri ciri beberapa penyebab macet bunyi dan cara mengatasinya.

1. Perawatan Yang Kurang Tepat
Jika lovebird awalnya rajin mengeluarkan suara ngekeknya tiba-tiba suaranya menjadi macet, umumnya ini karena perawatan harian yang kurang tepat. Ini yang biasa dialami kicaumania yang baru saja membeli lovebird yang sudah jadi. Namun ketika di rumah, lovebird diperlakukan dengan perawatan sederhana, alias jauh berbeda dengan pola perawatan pemilik sebelumnya.

Itulah mengapa penting bagi Anda untuk mengetahui pengaturan pakan dan perawatan yang tepat agar lovebird bisa tetap bugar seperti ketika masih berada di tangan pemilik lama.

Bahkan jika Anda ingin mengubah pola perawatan, itu harus dilakukan sedikit demi sedikit, bertahap, agar burung tidak terkejut dengan perubahan.

2. Burung Terlalu Gemuk
Selama ini kegemukan atau obesitas merupakan momok yang terus menghantui para pemilik burung berkicau, selain membuat burung menjadi kurang aktif dan malas bersuara kegemukan juga memicu munculnya berbagai penyakit yang dapat mengganggu penampilannya.

Lovebird biasanya malas untuk bergerak lebih sering tidur dan tentu saja malas untuk berkicau, untuk mengatasi hal ini tidak cukup dengan mengurangi porsi makanan sehari-hari tetapi juga diperlukan perawatan lain yang dapat membantu mengurangi kadar lemak dalam tubuh.

Untuk itu Anda perlu menyediakan sayuran hijau, juga melatih lovebird di kandang umbaran untuk bergerak lebih sering sehingga dapat mengurangi kegemukan.

3. Karena Mabung
Mabung adalah saat ketika burung akan menghemat energi mereka untuk menjalani kondisi tersebut, karena itu wajar jika burung jarang berkicau ketika memasuki periode mabung.

Selama pergantian bulu ada baiknya untuk memberikan makanan bergizi dan vitamin lengkap untuk membantunya melalui periode mabung yang sempurna.

Lovebird yang sedang mabung dengan tetap di ikutkan dalam lomba pasti akan menghambat proses mabungnya, masalah yang mungkin terjadi macet mabung untuk jangka waktu yang lama dan pertumbuhan bulu-bulu mereka juga terganggu.

4. Burung Sedang Sakit
Jika Anda melihat lovebird berubah menjadi tenang dan jarang mengeluarkan suara kicauan perlu pengamatan lebih lanjut, tidak seperti jenis burung lainnya lovebird termasuk pandai menyembunyikan kondisi yang sebenarnya. Jadi perlu dicermati untuk memastikan apakah burung benar-benar sakit atau karena hal-hal lain seperti yang disebutkan di atas.

Cara termudah untuk mengetahui ini adalah dengan mengamati kotoran dan tatapan mata dari lovebird, lovebird yang macet bunyi karena sakit atau kurang cocok umumnya memiliki mata yang pucat dan berair. Selain itu kotorannya akan terlihat berair.

Jika Anda sudah tahu apa masalahnya maka kita bisa memberikan pengobatan dengan obat yang tepat.

5. Burung Mengalami Stres
Stres adalah penyebab paling umum mengapa lovebird jarang berkicaur atau macet bunyi, meskipun kondisi stres dapat mempengaruhi semua jenis burung peliharaan tetapi ini sering terjadi di lovebird.

Beberapa penyebab stres pada lovebird meliputi kebosanan terlalu lama saja (tidak ada pasangan / teman), terganggu oleh pasangan atau burung lain, tidak sesuai dengan kandang dan lingkungannya (kurang nyaman dan aman), dan burung mengalami kekurangan pakan atau air minum.

Itulah beberapa penyebab gangguan lovebird yang macet bunyi dan cara mengatasinya, sebenarnya dengan melakukan perawatan yang konsisten lovebird tidak akan mudah mengalami kemacetan.