Friday, July 19, 2013

MURAI BATU BALAK 8

Murai Batu Balak 8 lagi-lagi merupakan bentuk variasi dari keanekaragaman hayati MB kepulauan. Bisa ditemukan di P.Weh, P. Breuh di provinsi NAD. Beberapa MB Pesisir Pulau Sumatra di NAD dan Sumatra Utara pernah ditemukan mempunyai pola ekor seperti ini.  Salah satunya adalah MB pesisir dari daerah Lamno.


Gambar MB diatas ini merupakan MB Sabang yang dibawa dulu sekali sebagai oleh-oleh pulang ke Jawa dari seorang aparat yang bertugas di Sabang.MB Balak 8 ini kami beri nama KuDeTa dan sekarang menjadi salah satu Jantan indukan di Padepokan Bala6 - Jakarta dengan kode ring DIGDAYA KDT

Dari pengalaman kami selama ini di Padepokan Bala6, MB balak 8 sering muncul sebagai hasil silangan antara MB Balak vs MB Medan.Ini kasus yang kami amati dari anakan jantan Nakula (Lempuyang Balak 6) vs betina May Lady (Medan), anakan F4ntastic (Sabang Balak 4) vs betina GB Angel (Medan)dan anakan Balrock (Sabang Balak 6) vs betina Candu (Medan). KuDeTa yang kawin dengan betina balak 6 anakan Anggada menghasilkan anakan Balak 6.

Gambar MB diatas ini adalah anak dari Nakula dengan kode ring DIGDAYA NKL 001 / YAQISA 096 yang diberi nama Commando oleh pemiliknya, Mas Adi Wicaksono di Depok. Terlihat bahwa ekornya mengikuti pola ekor balak 8 yang merupakan perpaduan pola ekor induk jantan & betina. Semoga Padepokan Bala6 dapat melanjutkan produksi serial balak 8 ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : MURAI BATU BALAK 8