Wednesday, November 27, 2013

Cara menetaskan semua telur kenari

Setelah beberapa bulan berkenalan dengan burung kenari dan hendak bertenak burung kenari akhir setelah 5 bulan kesampaian juga. Burung kenari yang telah dibeli beberapa hari itu bertelur walaupun masih terkadang telurnya gagal di sarangnya. Tapi setelah berupaya mencari tahu cara membuat sarang burung kenari ternyata ada masalah krusial yaitu banyaknya telur yang tidak jadi menetas

Cara menetaskan semua telur kenari terbilang sangat mudah, pada umumnya telur kenari berkisar antara empat sampai lima butir, sedangkan siklus antara telur pertama dan kedua antara 3-4 hari sekali, jika ada dua telur, tentu telur pertama sudah berusia 4 hari sedangkan telur kedua baru berusia 1 hari, di sinilah kuncinya.

Supaya nanti pada saatnya telur telur tersebut meentas bareng, maka ambil dan simpanlah telur pertama kemudian simpan di tempat yang hangat, jangan terkena air sedikitpun, karena telur yang terkena air biasanya gagal meskipun induknya mengeraminya. Setelah itu telur kedua dan seterusnya juga disimpan seperti telur pertama itu tadi.

Setelah burung kenari betina ingin mengerami telurnya, maka taruh di sarangnya dan tunggu paling cepat 21 hari telur itu akan menetas bareng. Nah, disinilah rahasianya, karena ngeremnya bareng sehingga menetasnya pun bareng. Bisa dibayangkan kalau kita biarkan secara alami maka telur pertama akan jadi duluan sedangkan yang lainnya masih baru di keremin sama induknya beberapa hari saja.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara menetaskan semua telur kenari