Friday, December 27, 2013

Membedakan Cucak Hijau (cucak ijo) jantan dan betina

cara membedaka cucak ijo jantan dan betina yang masih trotolan dan dewasa memang agak susah, buat para penggemar senior pasti akan dengan gampang membedakanya karena sudah tau karakteristik burung ini, tapi buat para pemula pasti sangat sulit bahkan tidak tahu cara membedakan jenis kelamin cucak ijo ini.

Cara Membedakan Cucak Ijo Jantan Dan Betina Anakan / Trotolan

Mengingat harga anakan cucak ijo trotolan bayuwangi yang mencapai 1,5 jutaan, pastinya kita tidak mau mendapatkan trotolan yang betina untuk kita pelihara, nah untuk bisa membedakan bakalan cucak ijo jantan dan betina silahkan baca artikel ini

Ciri cucak ijo jantan dewasa, pada dagu dan tenggorokan berwarna hitam, sedangkan ciri cucak ijo betina dewasa pada dagu dan tenggorokan berwarna hijau.

Cucak hijau trotolan umur 2-4 bulan, memiliki bentuk fisik jantan dan betina hampir sama,Warna bulu jantan dan betina sama yakni Hijau muda. selain itu juga warna di bawah paruh sampai leher berwarna kuning.

Berikut ini beberapa cara membedakan cucak ijo Jantan dan betina yang masih anakan
  • Ciri trotolan cucak ijo jantan, Apabila masih dibawah 4 bulan Cucak ijo jantan memiliki warna kuning untuk alis yang melingkar di kedua di matanya. Sedangankan untuk cucak ijo betina alis matanya berwarna putih.

  • Warna paruh bagian bawah untuk cucak ijo jantan berwarna coklat tua, sedang untuk cuck ijo betina berwarna putih. Beda cucak ijo anakan jantan dan betina dilihat dari bagian luar kerongkongan.

  • Apabila Trotolan sudah berumur di atas 4-6 bulan, maka betina akan berwarna kuning di bagian leher, kemudian akan berubah menjadi warna putih kehijauan. Sedangkan jantan, warna kuningnya akan dipenuhi trotol-trotol hitam. Pada dua bulan berikutnya, warna hitam itu akan tampak lebih jelas pada bagian leher/bawah paruh. Seiring dengan bertambnya umur, warnua hitam di leher bawah, akan terus menutup sampai di bawah matanya.
Demikian beberapa cara membedakan cucak ijo jantan dan betian yang masih trotolan dan juga yang dewasa, semoga artikel ini bermanfaat buat anda semua. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Membedakan Cucak Hijau (cucak ijo) jantan dan betina