Thursday, August 21, 2014

Mengenal Jenis-jenis Kenari

Akhir-akhir ini burung kenari lagi naik daun, salah satu faktor yang mempengaruhi kenari lagi naik daun adalah jatuhnya harga burung love bird. Tetapi bukan faktor itu saja yang membuat burung satu ini kian di gemari oleh pecinta burung kicau. Suara yang khas, harga yang bervariasi. Harga yang bervariasi dikarenakan burung kenari mempunyai banyak jenis. Untuk yang harga bersahabat maka para penggemar kenari biasanya memilih kenari lokal atau lokal super dan biasa disingkat loper oleh kebanyakan orang. Untuk kenari yang mahal maka penggemar burung bisa memilih kenari Import. Berikut ini merupakan jenis-jenis kenari:

1. Kenari Norwich

Sesuai dengan nama kenari norwich adalah kenari yang dikembangkan di kota Norwich, salah satu kota di Inggris. Kenari norwich pertama kali dipelihara oleh para penenun bangsa flam/flemish yang melarikan diri ke inggris untuk melarikan diri dari pembantaian spanyol. Setelah tinggal menetap ke norwich, maka kenari ini kemudian dikembangkan di sana. Kenari norwich adalah burung yang mempunyai panjang tubuh 15-16 cm dari ujung paruh sampai ujung ekor. Kenari norwich disebut juga dengan John Bull, dan masuk dalam varietas postur karena lebih menonjolkan penampilan fisik daripada warna atau lagu/suara.


2. Kenari Yorkshire

 Kenari Yorkshire adalah jenis kenari hasil persilangan antara kenari belgia dan kenari lancashire. Kenari Yorksihire dikembangkan di kota Yorkshire di Inggris. Panjang badannya sekitar 16 cm, jenis kenari ini termasuk jenis kenari bertubuh besar dan mempunyai kicauan yang keras dan indah. Kenari Yorkshire menjadi incaran para pecinta kenari bagi golongan ekonomi atas. Karena kenari yorkshire mempunyai harga yang cukup fantastis. Berikut ini merupakan ciri-ciri kenari yorkshire
  • Memiliki postur yang baik (menyerupai wortel terbalik).
  • Postur yang besar dan tegak.
  • Bagian kepala lebih besar daripada bagian tubuh bawah.
  • Memiliki kaki yang panjang dan tegap.
  • Memiliki paruh yang agak pendek.
  • Pada bagian mata tumbuh bulu dan terlihat seperti mengantuk.
  • Memiliki warna yang bervariasi seperti coklat, putih, kuning.
 

3. Kenari Cinnamon 

Burung Cinnamon dewasa ini mempunyai kesamaan dengan kenari Norwich dan tergolong burung yang menarik. Burung ini mempunyai kelompok bulu yang tebal dan mempunyai bentuk yang serba “bulat”. Dengan dada bidang, punggung pendek lebar, sayap pendek dan ekor pendek, serta paruh juga pendek. Banyak dari burung Cinnamon ini yang memiliki warna hijau yang menanik. Kenari Cinnamon jarang yang berwarna putih. Panjangnya antara 15—16 cm

 


4. Kenari Border 

Kenari Border adalah jenis burung yang paling populer sekarang ini, sebagai kenari tipe kenari jenis ini dikembang biakan untuk penampilan fisik dibanding lagunya, setelah sempat dijuluki "Wee Gem" karena ukurannya yang kecil dengan penampilan yang sedikit chubby dengan bulu yang sangat mengkilap, meskipun kebanyakan berwarna kuning akan tetapi ada juga yang memiliki warna lannya. Informasi mengenai latar belakang kenari ini masih sangat sedikit jumlahnya, selain dikatakan telah berkembang dengan pesat diakhir 1700an atau awal 1800an dari kenari yang biasa di sepanjang perbatasan utara inggris dan skotlandia. Namanya sendiri diadopsi tahun 1889 di langholm sebuah kota yang dekat dengan perbatasan skotlandia dan inggris dan semenjak itu pembentukan klub kenari border ini diresmikan pada 5 juni 1890.


5. Kenari Gloster

Kenari gloster tergolong lebih kecil, dengan panjang badan tak lebih dan 11 cm. Mempunyai bulu seperti penutup kepala atau topi. Kenari gloster sengaja diternakkan ke arah jenis yang kecil dan diusahakan agar selalu kecil, sehingga binatang ini tidak boleh lebih dan ± 11 cm saat memasuki pertandingan.

 

 
6. Kenari Lancashire

Kenari terbesar di Inggris ini di perkirakan sudah jarang di temukan, karena kebanyakan sekarang ada nya cuma hasil atau turunan nya saja sehingga ukuran nya pun tidak sebesar aslinya dan yang unik dari burung ini yaitu mempunyai jambul di bagian atas kepala nya. 
 


Sebenarnya masih banyak jenis-jenis kenari yang lain. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat :)