Sunday, October 19, 2014

Tips Memilih Burung Di Pasar Burung

Assalamualaikum penggemar kicau. Bagaimana kabar anda dan kabar burung anda di rumah?? Semoga semua keadaannya baik-baik saja. Untuk kali ini saya mau membahas tentang Tips Memilih Burung Di Pasar Burung
 
Bagi penggemar burung yang sudah lama pasti tidaklah sulit memilih burung di pasar burung, para master cuma mengawasi sebentar kemudian bisa memilih tetapi bagi pemula bisa dipastikan sulit sekali memilih walaupun di pelototin sampai lama tetap saja tidak bisa memprediksi kedepan tentang burung yang dia amati. Tenang saja kawan para master kicau tersebut pasti mengalami tingkatan pemula seiring jalannya waktu mereka semakin paham dengan kriteria burung yang baik itu seperti apa, mereka bisa belajar dari pengalaman, bisa belajar dari orang yang sudah lama menggeluti per-burungan hehehe......
Oke langsung saja kita simak beberapa tips memilih burung
  • Perhatikan burung yang mau dibeli secara lebih teliti. Selain kerapian dan kebersihan bulunya, pastikan warna bulu juga mengkilap. Bulu yang bersih dan mengkilap menandakan satwa ini dalam kondisi sehat.
  • Perhatikan apakah ada kecatatan dalam tubuhnya. Memang, burung cacat pun bisa berkicau dengan baik ketika kecacatan tak terkait dengan sistem pernafasan. Tetapi dalam hal-hal tertentu, burung cacat akan mengalami kesulitan beraktivitas, daya tempurnya rendah, dan yang paling sering terjadi adalah kurang laku dijual kembali.
    Jika Anda berkeinginan untuk tetap memeliharanya, mungkin karena suaranya bisa dijadikan hiburan di rumah, sebaiknya tanyakan kepada pedagang mengenai faktor penyebab kecacatan itu. Misalnya pernah terkena penyakit tertentu, mengalami trauma (sangkar jatuh, terjepit, dan lain-lain).
  • Untuk jenis burung umum, misalnya sering dilombakan (kacer, murai, dll) atau banyak dipelihara para kicaumania (trucukan, tledekan, dll), Anda bisa minta bantuan pedagang untuk melakukan sexing, atau membedakan jenis kelamin burung. Bisa juga membawa teman yang sudah berpengalaman.
  • Banyak penggemar burung yang rela berlama-lama di pedagang langganannya, untuk memantau burung yang diincarnya apakah sudah bersuara atau belum. Anda pun bisa melakukan hal ini, meski belum akrab atau kenal dekat dengan si pedagang.
  • Untuk bisa memastikan burung idaman tidak ada salahnya jika anda mengajak teman yang paham betul dengan burung yang dimaksud
  • Jika membeli burung dalam kandang ombyokan, pastikan burung yang diinginkan terlihat lincah, aktif, dan sering mengeluarkan bunyi. Jangan pilih burung yang terlihat jinak atau jinak lalat, khususnya yang masih bakalan. Sebab burung bakalan hasil tangkapan yang sudah jinak / jinak lalat dipastikan sedang dalam kondisi kurang fit atau tidak sehat.
Demikian tadi sedikit tips memilih burung di pasar burung. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk kembali lagi untuk menyimak artikel-artikel saya tentang dunia burung kicau

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Memilih Burung Di Pasar Burung