Friday, February 27, 2015

Pemberian Pakan Burung Pleci dalam Perawatan Sehari-Hari

Pemberian Pakan Burung Pleci dalam Perawatan Sehari-Hari
Kita telah membahas tentang Cara Memilih Burung Pleci Jantan atau Betina dan sekarang mari kita berbincang tentang Pemberian Pakan Burung Pleci dalam Perawatan Sehari-Hari. Kicauan burung berhubungan erat dengan faktor kesehatan sebagai variabel independen (yang mempengaruhi). Faktor kesehatan ini dibagi menjadi dua yaitu mental dan fisik, dan kedua faktor ini tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Sesehat apapun kondisi fisik burung, tetapi jika terganggu kondisi mentalnya, imbasnya kesehatan fisik akan langsung terganggu dan burung tidak akan pernah mau bunyi, apalagi berkicau yang bagus. Begitu juga dengan kasus ketika mentalnya bagus, tetapi apabila kondisi fisiknya terganggu, misalnya ngruji (menabrak jeruji) sehingga pangkal paruhnya berdarah, maka dapat mengakibatkan burung tidak bisa tampil maksimal.

Pemberian Pakan Burung Pleci dalam Perawatan Sehari-Hari

    Pemberian Pakan Burung Pleci dalam Perawatan Sehari-Hari

    • Kesehatan fisik pasti tercapai apabila burung tercukupi dalam hal pakan (4 sehat, 5 sempurna), ditambah dengan air dan sinar matahari.
    • Kesehatan secara mental pasti tercapai bila burung berada dalam kondisi atau mood "senang" dan tidak dalam keadaan tertekan.
    Agar 4 sehat 5 sempurna dapat terpenuhi, maka sangat penting bagi burung untuk selalu disuplai makanan tambahan.
    • Untuk jenis burung dengan pakan utama adalah serangga (Murai Batu, jenis-jenis kacer) maka perlu diberi tambahan vitamin secara terukur dan rutin. Untuk jenis burung yang sudah terbiasa diberi voor, dapat juga dipertimbangkan perlu tidaknya pemberian vitamin. Bida dilihat pada kemasan voor sudah tertulis bahwa voor tersebut kaya akan kandungan vitamin, mungkin tidak perlu ada tambahan suplemen. Untuk burung-burung yang belum voor (karena dikhawatirkan akan menurunkan kualitas suara) maka hukumnya wajib untuk ditambah suplemen (khususnya vitamin).
    • Untuk jenis burung dengan pakan utama buah-buahan seperti jenis cucak, maka perlu diberi serangga secara terukur dan teratur.
    • Untuk jenis burung pemakan biji-bijian, maka perlu diberi buah/sayuran dan serangga. Burung branjangan dan kenari misalnya perlu ada kroto dalam menu makanannya.

    Kesimpulan Pemberian Pakan Burung Pleci dalam Perawatan Sehari-Hari

    Sinar matahari sangat penting bagi kesehatan burung untuk pengubahan pro vitamin D menjadi vit D, mematikan kutu dan juga mematikan jamur, maka diperlukan penjemuran dan sebaiknya di pagi hari pada interval jam 6 sampai jam 9 pagi, dan dari interval jam tersebut penjemuran rutin cukup 30 — 60 menit saja di pagi hari.

    Jadi perlu diperhatikan faktor kesehatan burung yaitu mental dan fisik. Setelah mencukupi kebutuhan pakan maka diperlukan juga air minum yang cukup dan penjemuran sinar matahari agar burung dapat berkicau bagus.

    Ok, jika artikel Pemberian Pakan Burung Pleci dalam Perawatan Sehari-Hari bermanfaat maka dapat di "like" atau di share.

    Share on Facebook
    Share on Twitter
    Share on Google+
    Tags :

    Related : Pemberian Pakan Burung Pleci dalam Perawatan Sehari-Hari