Wednesday, June 6, 2018

Cara Menghilangkan Bau Pada Sangkar Burung Kicau

cara membersikan sangkar burung

Tips membersihkan sangka burung - Sangkar burung yang penuh kotoran dan jarang dibersihkan dapat menyebabkan masalah besar nantinya, burung rentan terhadap penyakit yang disebabkan oleh parasit, jamur, dan infeksi bakteri dan selain itu bau sangkar menjadi tidak menyenangkan. Apabila ini di biarkan maka burung akan mudah sakit dan suara burung kicau anda pun akan jarang terdengar.

Menjaga kandang tetap bersih adalah bagian penting dari perawatan burung kicau, jika kita rutin membersihkan kandang maka burung yang menempati itu akan terlihat sehat dan bergerak aktif dan rajin berkicau.

Namun jika kita malas membersihkan kandang maka kotoran akan menumpuk di dasar kandang, dan ini akan menjadi penyebab terganggunya kesehatan burung kicauan anda karena kandang terinfeksi oleh penyakit seperti bakteri, jamur, dan parasit .

Tidak hanya itu kandang yang dipenuhi dengan kotoran burung juga akan menimbulkan bau, bau di dalam sangkar burung tidak hanya mengganggu nafas burung tetapi juga tidak nyaman bagi manusia yang berada di dekatnya.

Membersihkan kandang hanya hanya dengan air bersih sebenarnya kurang efektif menghilangkan bau tak sedap, ada beberapa cara yang dapat kicaumania lakukan untuk mengatasi bau di sangkar burung antara lain :

1. Menghilangkan bau kandang burung dengan air jeruk nipis
Salah satu cara alami untuk mengatasi bau dalam sangkar burung adalah menyemprotnya dengan aeir perasan jeruk, selain membantu pemberantasan penyakit, air perasan jeruk bisa membuat kandang beraroma lebih segar sehingga burung-burung di dalamnya menjadi lebih aktif.

Berikut ini cara membuat air perasan jeruk untuk mengatasi bau yang tidak sedap pada kandang burung :

- 2 jeruk nipis diperas dan ambil airnya lalu di campur dengan 1 gelas air hangat.
- Tambahkan 2 sendok teh baking ke dalamnya lalu aduk sampai semua bahan tercampur rata.
- Tuang air jeruk yang sudah dibuat ke dalam penyemprotan kemudian gunakan untuk menyemprot kotoran pada sangkar.
- Semprotkan air jeruk di sela-sela jeruji, tenggerann, dan peralatan lain yang ada di dalam kandang.

2. Menghilangkan bau kandang burung dengan cuka putih
Cuka putih yang biasa digunakan sebagai bahan makanan juga bisa digunakan untuk mengatasi bau tak sedap di kandang burung. Berikut ini cara menggunakan cuka putih:

Berikut ini cara menggunakan cuka putih untuk mengatasi bau yang tidak sedap pada kandang burung :

- Bersihkan karpet atau tempat penampugan kotoran dengan campuran air panas dan cuka putih, setelah itu keringkan di bawah sinar matahari.

Awalnya akan tercium bau cuka yang menyengat namun kelak akan berubah menjadi aroma menyegarkan yang cukup ampuh untuk menyerap dan menghilangkan bau kotoran selama beberapa hari.
1 cangkir baking soda dicampur ke dalam 1 cangkir cuka putih yang sudah di hangatkan, lalu tuangkan ke karpet atautempat penampungan kotoran burung. Setelah itu diamkan selama sekitar 5 menit lalu bilas menggunakan air panas.

Dengan melakukan pembersihan sangkar burung dengan air perasan jeruk maupun cuka putih, maka aroma pada sangkar burung akan selalu tetap segar dan kesehatan burung akan selalu terjaga karena terhindar dari penyakit yang di sebabkan oleh bakteri, jamur dan yang lainnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menghilangkan Bau Pada Sangkar Burung Kicau