Thursday, March 19, 2015

Menjaga Konsistensi dalam Perawatan Burung Pleci Jantan

Menjaga Konsistensi dalam Perawatan Burung Pleci Jantan
Anda wajib untuk Menjaga Konsistensi dalam Perawatan Burung Pleci Jantan jika ingin burung pleci anda tampil maksimal. Faktor yang sangat penting dalam perawatan burung pleci adalah masalah konsistensi dalam pemberian pakan sehari-hari, baik dalam hal takaran maupun jadwal. Karena jika memberikan pakan dengan jadwal yang tidak teratur, misalnya seperti memberikan pakan di pagi kemudian diterkadang diganti sore hari, atau jumlah takaran yang tidak teratur, kadang tiga sendok kadang juga hanya satu sendok, atau kasus lain seperti jenis pakan (misalnya voer) yang sering diganti-ganti, kadang merk B kadang merk A, semua hal yang disebutkan ini dapat membuat burung kicau menjadi tidak stabil.

Oleh karena itu dengan menyangkut masalah konsistensi inilah maka perlu kiranya bagi anda untuk segera menetapkan jadwal, jenis dan jumlah pakan yang nantinya wajib untuk dilaksanakan secara konsisten dan rutin.

Misalnya anda sudah menetapkan jadwal makan : di pagi hari jangkrik 4 ekor, siang hari kroto satu sendok, sore hari jangkrik 5 ekor plus cacing 2 ekor, maka anda harus tetap konsisten untuk rutin dilakukan.

Demikian pula halnya dalam hal menjemur dan memandikan. Anda wajib untuk konsisten, jika burung anda biasa untuk dimandikan pagi hari, maka sebaiknya tetap dilakukan di pagi hari secara terus menerus dan jangan diubah ke sore hari. Jika sore, maka sebaiknya sore terus. Jika pagi dan sore, maka dilakukan pagi dan sore terus. Jika dalam satu minggu hanya sekali pada hari Minggu, maka tetap dilakukan seminggu sekali saja pada hari minggu. Jangan diubah menjadi seminggu dua kali hanya karena kebetulan pada pekan itu ada Iibur selain hari minggu.

Jika dirasa memang perlu adanya perubahan jadwal maka hendaknya perubahan tersebut tidak dilakukan secara tiba-tiba dan kemudian konsisten menerapkan pola yang baru tersebut. Sebaiknya adakan perubahan secara bertahap. Misalkan ingin mengganti merk pakan, maka campurkan saja pakan yang biasanya dengan pakan yang baru. Dan pada hari berikutnya, porsi voer merk yang lama sedikit demi sedikit terus dikurangi porsinya, sampai pada akhirnya hanya voer yang baru atau pengganti yang kita sodorkan. 
Burung Pleci Merapi
Burung Pleci Merapi

Menjaga Konsistensi dalam Perawatan Burung Pleci Jantan Agar Tetap Kicau Gacor

Tips dan trik menjaga performa burung pleci :
  • Jangan memberi pakan kepada burung tidak pada jadwal waktunya (misalnya memasukkan jangkrik yang lepas ke dalam kandang burung karena dekat dengan kandang burung tersebut).
  • Jangan memandikan burung tidak pada jadwal waktunya (misal jadwal memandikan sepekan dua kali, lalu menjadi setiap hari selama sepekan).
  • Jangan menjemur burung lebih lama dari biasanya, hanya karena anda kebetulan mempunyai waktu luang yang lama juga.
  • Jangan meniru-niru pola pakan dari teman anda, kalau anda tidak yakin bisa konsisten untuk dapat melaksanakannya.
  • Selalu memberi makan merk voer yang sama dan jangan berganti-ganti. jadi anda harus selalu menjaga stok voer burung kesayangan jangan sampai habis.
Konsistensi memang salah satu faktor utama dalam menjaga performa suara dan kesehatan burung pleci anda, oleh karena itu buatlah jadwal yang sekiranya dapat anda ikuti dan laksanakan. Ya begitulah sekiranya cara dalam Menjaga Konsistensi dalam Perawatan Burung Pleci Jantan jika bermanfaat bagikan juga ke teman atau saudara anda.