Saturday, March 7, 2015

Suara Burung Pleci Jantan Favorit untuk Lomba

Suara Burung Pleci Jantan Favorit untuk Lomba
Kita telah membahas tentang Habitat Burung Pleci Wallacei atau Zosterops wallacei pada artikel sebelumnya dan sekarang mari kita membahas tentang Suara Burung Pleci Jantan Favorit untuk Lomba. Burung pleci atau kacamata pada jaman dahulu hanya dipandang sebelah mata keberadaannya, tetapi sekarang dalam perkembangannya burung pleci dengan postur tubuh mungil ini telah mampu menebarkan pesona dan daya pikat tersendiri bagi kalangan penghobi burung kicau. Dan saat ini burung pleci banyak yang turun untuk berlaga di setiap ajang kontes atau perlombaan. Kenapa lebih memilih kelamin jantan? karena pleci jantan memiliki suara kicau dan mental yang lebih bagus dari pleci betina.

Burung  pleci sendiri ada berbagai macam jenis. Ada orang yang menyebut pleci dada kuning mata coklat (dakun macok), dan jenis burung pleci ini sering dijumpai masih di dalam ombyokan yang banyak ditemukan di pasar-pasar burung wilayah DIY Jawa Tengah. Mempunyai ciri khas suaranya nyaring (call).


Ada Iagi jenis yang disebut pleci auriventer yang mempunyai ciri khas alunan suara yang mendayu dan nge-bass. Dan harga masih ombyokan (bakalan) juga  lumayan merogoh kocek sekitar Rp.125.000 - Rp.150.000. Ciri yang membedakan ada di warna bulunya abu-abu pada bagian dada dengan punggung kehijauan tua, memiliki sedikit garis tipis kuning di bagian dada.

Pengembunan agar Suara Burung Pleci Jantan Favorit untuk Lomba

Burung pleci banyak disukai hampir semua lapisan masyarakat karena harganya yang terjangkau. Apabila sudah jadi dan mental serta suaranya bagus, ditambah pleci sudah dapat berkicau dengan gaya teler, dipastikan harganya bisa sangat mahal.

Agar dapat membuat ocehan burung pleci bisa tampil maksimal dan gacor memang butuh tips dan perawatan tersendiri. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi performa pleci di antaranya adalah umur pleci maupun kondisi sangkar. Jika kondisi kandang atau sangkar terlalu luas atau tangkringan terlalu tinggi dapat membuat pleci tidak merasa nyaman.

Tips perawatan harian yang wajib dilakukan agar dapat memaksimalkan performa pleci yakni dengan melakukan pengembunan. Proses pengembunan adalah tehnik perawatan untuk menjaga paru-paru burung pleci tetap segar dan mampu untuk bernafas lebih panjang. Disamping itu juga membuat kondisi burung pleci lebih sehat. Teknik pengembunan ini cukup simpel dan sederhana.  Ketika fajar tiba, maka anda keluarkan burung pleci kernudian digantang di daerah terbuka sambil dikerodong, akan lebih baik lagi jika proses pengembunan dilakukan di bawah pohon karena kadar oksigen (02) lebih tinggi.

Suara Burung Pleci Jantan Favorit untuk Lomba

Dalam setiap kontes atau lomba, burung pleci juga punya kelas tersendiri. Ada kelemahan dari merawat pleci saat ini, karena keberadaan pleci masih susah untuk ditangkarkan. Jadi sampai saat ini rata-rata burung pleci didapat dari  tangkapan alami. Padahal burung pleci yang bagus itu jika dirawat dari mulai anakan yang diambil dari sarangnya. Karena kalau mulai dari anakan, maka melatihnya akan menjadi mudah.

Ok jika bermanfaat anda bisa share ke teman-teman tentang  Suara Burung Pleci Jantan Favorit untuk Lomba ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Suara Burung Pleci Jantan Favorit untuk Lomba