Saturday, April 25, 2015

Mengenal Perbedaan Burung Kenari YS, F1, F2, F3, AF, AFS, Loper

Tips Kicau Burung.blogspot.com - Burung kenari yang cantik dan terkenal mempunyai suara yang merdu ini memang semakin banyak penggemarnya, fakta nya sampai sekarang malah semakin banyak Breeder atau peternak yang membudi-dayakan burung juara tersebut. Untuk jenis burung kenari yang lagi booming dipasar per-burungan di Indonesia yaitu hasil persilangan kenari yang biasa disebut dengan istilah F1, F2, F3, YS, AFS, AF, Lokal dan Loper.

Akan Tetapi banyak juga sahabat Burung kicau yang tidak mengetahui perihal istilah-istilah seperti diatas. Oleh karenanya disini penulis bakal mengulas arti istilah-istilah tersebut. Sesungguhnya beberapa nama istilah diatas yaitu nama yang diberikan dari para peternak burung kenari sendiri.

Cara membedakan burung kenari memang agak sulit, lantaran tak ada sertifikat bagi burung ini, tetapi untuk burung dari import umumnya dikenakan Ring import dibagian kaki nya, Dan bagi anak keturunan-nya di Indonesia bergantung dari beberapa breedernya yang ingin menggunakan ring ataupun tidak. Serta Kenari hasil import seperti Yorkshire (YS) tidak memiliki standar ukuran yang jelas (baku), Diantaranya ada yang memiliki ukuran besar serta ada juga yg tidak begitu besar. Untuk itu keturunan dari burung kenari ini juga susah untuk memastikannya.

Hal semacam ini juga kerap di gunakan oleh pedagang nakal, lantaran harga jual yang melambung tinggi pada jenis burung satu dengan jenis burung yang lain, Oleh karena itu, cara untuk memastikan sebelum membeli sebaiknya beli langsung ke breeder(peternak), setidaknya anda bisa tanya dan langsung melihat dahulu indukannya seperti apa, supaya anda tidak tertipu saat membeli burung cantik ini.

  • YS adalah YorkShire, Burung jenis ini yaitu burung kenari import berkualitas yang kerap di jadikan sebagai indukan bagi breeder di Indonesia, lantaran burung jenis ini mempunyai postur tubuh yang bagus, tinggi, besar serta panjang sehingga banyak dilirik dari beberapa breeder dan pecinta burung kenari.
  • Holland yaitu burung kenari impor juga, namun sangatlah sulit untuk membedakan jenis burung ini, lantaran dipandang dari semua segi postur sangatlah serupa dengan burung kenari lokal. Tetapi umumnya di kenakan ring oleh breeder asalnya.
  • F1 yaitu hasil keturunan pertama persilangan YS dengan Lokal.
  • F2 yaitu hasil keturunan dari persilangan YS dengan F1.
  • F3 yaitu hasil keturunan dari persilangan YS dengan F2.
  • AF yaitu hasil keturunan dari persilangan F1 dengan Lokal.
  • AFS atau AF Super yaitu hasil keturunan dari persilangan F1 dengan F1.
  • Loper atau Lokal super yaitu hasil keturunan dari persilangan AF dengan lokal. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mengenal Perbedaan Burung Kenari YS, F1, F2, F3, AF, AFS, Loper