Monday, June 29, 2015

Cara Mudah Berternak Burung Kenari Bagi Pemula

Berkicaumerdu.blogspot.com - Kali ini saya akan memberikan tips bagaimana cara mudah berternak burung kenari untuk pemula. Breeder burung kenari memang sangat gampang dibanding ternak burung lain. dan tentu banyak para pecinta burung yang ingin berternak burung kenari tersebut. Hal demikian pasti sangat menggiurkan bagi peternak, istilah peribahasanya adalah "menyelam sambil minum air" yang dapat dikaitkan dengan hobby sekaligus membawa rejeki hehe..

Karena itu hobby sekaligus peternak memang sangat menyenangkan, apalagi burung kesayangan kita dapat berkembang biak banyak dan bisa menguntungkan bagi majikan nya dengan cara menjual hasil ternak nya.

Sebelum memulai untuk berbisnis ternak kenari yang wajib kita ketahui adalah harus mempersiapkan dan memilih indukan kenari jantan dan betina dengan kualitas yang bagus(super) untuk dikawinkan seperti Yorkshire/F1, supaya nantinya mendapatkan hasil yang memuaskan juga pastinya. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

Berternak Burung Kenari, Bagi Pemula, Cara Mudah ternak kenari,

1. Pilih indukan burung kenari yang sudah birahi(cukup umur)
Biasanya masa birahi kenari yaitu kurang lebih umur 8bulanan, dan bisa dilihat dari tingkah laku kenari betina seperti sering membuka sayap (ngeleper) saat melihat burung kenari jantan. Burung kenari jantan biasanya berkicau sangat keras jika melihat kenari betina.

2. Penjodohan (Ngawinin)
Langkah pertama cara proses kawin yaitu dengan mempertemukan jantan & betina namun dikasih skat(penghalang) supaya kenari bisa saling memandang tapi tidak bisa menyentuh. bisa juga dengan cara menempelkan kedua kandang(sangkar). cara tersebut dapat dilakukan selama 3hari-seminggu tergantung burungnya kapan mau kawin. Amati gerak geriknya, ciri-ciri mau kawin yaitu kedua kenari akan saling berdekatan layaknya ingin berciuman sekalipun dikasih penghalang.

3. Langkah berikutnya adalah menyatukan kenari jantan dan betina dalam 1 kandang, pastikan kandang harus bersih serta nyaman. penempatan kandang juga harus tenang, tidak berisik dan usahakan aman dari gangguan kucing, tikus atau binatang lain yang dapat menjadikan burung merasa terancam dan mengganggu proses perkawinan serta pengeraman. Berikan tempat (keranjang) buat sarang dan sebarkan serabut yang lembut didalam kandang, yang nantinya burung akan menyusun sarang dengan sendirinya.

4. Setelah betina bertelur, segera pisahkan dengan pejantannya. atau pejantan nya bisa dikawinkan lagi dengan burung kenari betina lain.

5. Selalu cek ketersediaan makanan dan minumannya jangan sampai kehabisan. berikan makanan EF supaya stamina dan energi burung tetap terjaga. Proses pengeraman telur pada umumnya 12-14 hari dan telur-telur tersebut akan menetas dengan sendirinya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mudah Berternak Burung Kenari Bagi Pemula