Monday, June 29, 2015

Mengenal Jenis Burung Cendet Dan Cara Membedakan Jenis Kelamin

Tips Kicau Burung.blogspot.com - Kali ini saya akan membahas tentang burung cendet. Burung ini mempunyai banyak nama disetiap daerah masing-masing dan berbeda-beda seperti pentet, jentet, toet. untuk didaerah saya burung ini dinamain pentet. 

Karakter burung ini salah satunya yaitu sangat mudah beradaptasi kadang bisa beringas dan mudah manja. Selain itu harga burung ini juga cukup lumayan murah dibanding burung kicau lainnya.

Keunikan burung cendet ini yaitu dari suaranya, yang pintar menirukan suara-suara kicau burung lain bahkan dapat meniru suara binatang seperti ayam, jangkrik, kucing, tokek, suara sirine dan lain sebagainya. 

Burung Cendet Pentet, Cara membedakan kelamin pentet jantan & BetinaBurung dengan nama latin Laniidae Shrikes tersebut juga banyak diminati oleh para pecinta burung dan sangat ramai terutama di perlombaan show kicau mania di berbagai daerah.

Macam-macam jenis burung cendet yang terdapat diseluruh dunia yaitu: Chineese grey shrike(Lanius Sphenocercus), Great Grey Shrike(Lanius Excubitor), Bay backed shrike(Lanius Vittatus), Grey Backed fiscal(Lanius Excubitoroides), Long Tailed Fiscall(Lanius Cabanissi), Taita fiscall(Lanius Dorsalis), Logger head shrike(Lanius Ludovisianus), Long Tailed Shrike(Lanius Scach), Common Fiscall(Lanius Collaris), Grey Backed Shrike(lanius tephronotuss).

Karakter sifat burung cendet :
  • Akan galak dan agresif jika burung ini lapar
  • Cendet tipe fighter akan berteriak sangat keras dan lantang apabila daerah wilayahnya terdapat burung lain atau mendengar suara burung lain.
  • Burung ini sangat mudah birahi yang bisa disebabkan karena penjemuran yang terlalu lama serta makanan ekstra fooding (EF) yg berlebihan.
  • Dibalik karakter yang sangat beringas, burung ini juga sangat manja.


Cara membedakan jenis kelamin burung pentet/cendet jantan dan betina :
  • Cendet jantan memiliki blok hitam pada permukaan pipi dan mempunyai warna mata yang tegas, sedangkan betina blok hitam pada pipi terlihat semu dan kusam.
  • Cendet jantan mempunyai postur kepala yang datar atau pipih, sedangkan betina memiliki betuk kepala lebih bulat.
  • Bagian supit urang(tulang pubis) untuk jantan mempunyai warna garis tidak beraturan dan lebih kecil, sedangkan betina supitnya lebih besar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mengenal Jenis Burung Cendet Dan Cara Membedakan Jenis Kelamin