Tuesday, July 28, 2015

Mengenal persilangan kenari

Kenari merupakan burung kecil yang mempunyai suara yang unik kadang ada juga kenari yang bisa menirukan suara burung lain. Ngomong-ngomong masalah kenari burung kenari banyak banget macamnya bagi yang ingin tahu tentang jenis-jenis kenari bisa anda baca disini. Pada kesempatan kali ini kita tidak akan membahas tentang jenis-jenis kenari tetapi disini saya akan membahas tentang persilangan kenari. Di forum-forum jual beli burung atau di pasar burung kita sering mendengar istilah kenari lokal, kenari AF, F1, F2 dst. Beberapa penghobi yang baru menekuni hobinya masih bingung dengan istilah “F”. Istilah “F” ini secara kasar dapat dikatakan sebagai “keturunan”. Bila “F1” ya berarti “keturunan kesatu”, bila “F2” ya berarti “keturunan kedua”, demikian pula selanjutnya. Kenari "F1" adalah keturunan dari indukan jantan kenari yokshire dan betina kenari lokal. “F2” mewakili kenari hasil perkawinan F1 dengan F1. Untuk Kenari "AF" adalah keturunan dari jantan F1 dan indukan betina kenari lokal. Tetapi pada kenyataannya di lapangan kebanyakan orang-orang asal sebut saja tentang jenis kenari. Ketika body kenari terlihat besar maka orang-orang menyebutnya dengan F1, F2 dst. Memang tidak bisa disalahkan karena untuk menandai tentang jenis kenari F series memang sulit. Kalau kita mengawinkan F1 jantan dengan F1 betina maka kita lihat anakannya ada yang besar dan ada yang kecil. Hal ini dikarenakan F1 bukanlah Final Strain! orang Amerika menemukan jenis kenari baru yang mereka sebut American Singer Canary, hasil persilangan antara Border dan Harzer. Tentunya yang Final Strain, yang bila dikawinkan dengan sesama jenisnya akan menghasilkan anakan yang bodinya seimbang antara satu dengan yang lainnya. Sebagai contoh kenari Yorkshire, bila dikawinkan dengan sesama Yorkshire maka akan dihasilkan Yorkshire yang ukuran bodinya telah dapat ditentukan.
skema persilangan kenari
Gambar diambil dari www.suaraburungs.com


Agar tidak salah dalam membeli kenari jenis F disarankan untuk membeli kepada peternak yang sudah kenal. Apabila kita membeli kenari pada peternak yang sudah kita kenal maka kemungkinan kecil salah dalam pembelian kenari jenis F. Dikarenakan kita tahu tentang alur indukannya. 
Sekian dulu artikel tentang mengenal persilangan kenari terima kasih telah berkunjung di gubuk kicau dan jangan lupa untuk kembali lagi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mengenal persilangan kenari