Wednesday, September 30, 2015

Kacer dan Habitatnya



Ekor dibuka lebar bak kipas dewa dengan paruh membuka lebar dengan desingan suara pedasnya. Siapa yang tak mengenali burung kacer. Salah satu primadona burung berkicau yang dilombakan.  Kacer hitam menjadi burung prestius dan gengsi tersindiri bagi para pelomba burung nusantara.

Kacer yang sering dilombakan adalah kacer Jawa Timur dan Jawa Barat. Perbedaan antara kedua kacer ini jelas kentara. Kacer Jawa Barat lebih kecil dinadingkan dengan Kacer Jawa Timur. Namun dengan maraknya pembabatan hutan di Jawa membuat habitat kacer Jawa semakin sedikit. Kebanyakan dipasaran sekarang ini dipenuhi kacer dari Sumatera dan Kalimantan.

Jenis-jenis Burung Kacer

Burung kacer jawa memiliki nama ilmiah Copsychus sechellarum sedangkan nama ilmiah dari kacer poci yaitu Copsychus saularis.
Ada dua perbedaan yang mencolok dari keduanya, yaitu hanya pada warna bulunya yaitu hitam dan putih. Copsychus sechellarum atau kacer jawa berbulu hitam seluruh dibagian dada hingga dekat kloaka, sesaat Copsychus saularis ataui kacer poci warna hitam cuma hingga dada serta ke bawah sampai kloaka berwarna putih. Sesaat itu burung yang amat serupa dengan kacer poci atau kacer sumatra yaitu kacer madagaskar ( Copsychus albospecularis ).
Layaknya dijelaskan diatas, kacer terdiri dari 3 species, yang pertama Copsychus saularis, kedua Copsychus sechellarum serta yang ketiga Copsychus albospecularis. Spesial untuk Copsychus saularis ( Oriental Magpie Robin ) ini terdiri dari 9 subspecies, yakni :

Kacer Poci, (Sekoci atau Kacer Sumatra)

  1. Saularis, Habitat Aslinya Berada Di Thailand, India, Nepal, Malaysia Dan Indonesia.
  2. Andamanensis, Habitat Aslinya Berada Di Kep. Andaman.
  3. Musicus, Habitat Aslinya Berada Di Peninsular, Malaysia, Thailand.
  4. Prosthopellus, Habitat Aslinya Berada Di Hainan-China.
  5. Erimelas Habitat Aslinya Berada Di India Ke Indochina.
  6. Pluto Habitat Aslinya Berada Di Sabah-Malaysia Dan Borneo-Indonesia.
  7. Ceylonensis Habitat Aslinya Berada Di India Dan Srilanka.
  8. Adamsi Habitat Aslinya Berada Di Sabah-Malaysia Dan Borneo-Indonesia.
  9. Mindanensis Habitat Aslinya Berada Di Mindanao-Philippines

Kacer sumatera atau kacer poci memiliki warna hitam pada kepala, leher hanya sebatas dada, punggung serta sisi luar ekor. Namun terdapat warna putih pada bagian dada, perut serta ekor sisi dlm. Persebaran kacer sumatera mulai dari China, kemudian India, Nepal, Thailand, Indochina, Filipina, dan Malaysia serta Indonesia.

Habitat dan Kebiasaan Hidup

Burung kacer banyak mendiami dataran rendah sampai ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut.bahkan tidak jarang ada yang terlihat di perumahan penduduk.burung kacer ini suka menjelajah di berbagai lingkungan yang kecepatan terbangnya bisa mengungguli kerabatnya murai batu.bahkan dari burung berbulu hitam,berekor panjang seperti lidi.

Di Jawa Tengah dan Jawa Timur,burung bertubuh gempal ini di kenal dengan sebutan srintil. Dalam Bahasa inggris disebut Magpie Robin. Burung kacer terbilang sangat aktif mencari makan.mulai dari pohon kelapa,randu,pisang atau ranting pohon kering.burung ini terlihat sendiri.akan tetapi akan selalu bersama pasanganya pada saat musim kawin.


Penyebaran kacer hampir di pastikan ada di berbagai lingkungan,terutama dekat pemukiman penduduk.keberadaanya banyak tersebar di sumatra,jawa,bali,kalimantan,dan sulawesi dengan beragam ras atau anak jenis.hal ini bisa terjadi karena kacer adalah salah satu burung yang suka menjelajah serta sangat suka untuk berpindah tempat.

Status Konservasi 


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kacer dan Habitatnya