Tuesday, October 6, 2015

Lovebird dan Habitat


Burung Lovebird merupakan burung asal afrika yang mempunyai daya pikat dari segi warna dan fisiknya. Orang jawa sering menyebut dengan labet. Lovebird berasal dari Afrika sering terlihat berkelompok mulai dari 5 sampai 25 ekor. Dalam melakukan aktivitasnya burung lovebird berkelompok atau berkeluarga. Tetapi dalam fase perkawinan lovebird muda akan berpisah guna mencari pasangannya.

Labet atau lovebird sangatlah setia terhadap pasangannya. Karena hal tersebut disebutlah Lovebird (burung cinta). Lovebird bersarang pada lubang-lubang pohon, bisa juga dari sarang burung kenari yang telah ditinggalkan penghuninya. Habitat burung ini lebih suka pada daerah dataran tinggi atau perbukitan yang banyak rumput serta dekat dengan sumber mata air. Apabila terjadi musim kering berkepanjangan, lovebird akan berpindah-pindah tempat (nomaden).


Jenis Lovebird


Black-Masked Lovebird (Agapornis Personata)
Ukuran tubuh sekitar 14 cm, warna bulu sebagian besar hijau, topeng kepala berwarna hitam, bulu dada kuning, paruhnya berwarna merah, berkacamata putih. Habitat asli daerah Tanzania, Burundi, dan Kenya.














Fischer's Lovebird (Agarponis Fischeri)
Ukuran tubuhnya 14 cm, warna bulu sebagian besar hijau, kepala dan bagian tubuh atas berwarna oranye, bagian pantat biru, paruh merah, berkacamata putih. Asal daerah bagian selatan Danau Victoria Tanzania Utara.














Black-cheeked Lovebird (Agarponis Nigrigenis)


Ukuran tubuh 14 cm, sebagian besar berwarna hijau, leher sampai bagian belakang kepala berwarna coklat, bagian depan kepala coklat kemerahan, dada atas oranye, paruh merah, berkacamata putih. Habitat dari Zambia.














Lilian's Lovebird (Agarpornis lilianae)
Ukuran tubuh 13 cm, warna bulu sebagian besar hijau termasuk punggung dan pantat, paruh merah, kepala oranye, berkacamata putih. Habitat berasal dari Malawi.

Peach-paced Lovebird (Agapornis roseicollis)
Ukuran tubuh 15 cm, warna bulu sebagian besar hijau, bagian muka merah muda, punggung bawah dan pantat berwarna biru, paruhnya berwarna gading. Asal daerah Namibia, Africa Selatan, Angola.

Status Konservasi dan Nama Ilmiah


Menurut IUCN (International Union for Conservation of Nature) status konservasi lovebird adalah Near Threatened atau mendekati terancam punah. yaitu status yang diberikan kepada spesies yang mungkin berada dalam keadaan terancam dengan kepunahan cukup mendekati, meski tidak masuk ke dalam status terancam. 
Semoga Bermanfaat !!!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Lovebird dan Habitat