Tuesday, October 27, 2015

Mengatasi Kacer Melantai

Kacer melantai atau ngepel dengan durasi yang cukup lama dapat menjadikan kacer gacoan tidak juara dalam lomba. Tentu hal ini bisa memusingkan kepala bagi perawatnya. Ada beberapa tips dan trik yang bisa dijalankan. Berikut Tips Kicau Burung berbagi tipsnya 

1. Latih dengan menggunakan bola
Berikan bola warna warni agar kacer tidak berani turun ke dasar sangkar. ukuran bola tak perlu besar. sebesar bola yang ada di kolam mandi bola. Cara ini sering disebut mandi bola. Hal ini sering dilakukan oleh pemain kacer. Yang paling sering adalah kacer Hipnotis milik Bambang Honda yang dirawat oleh Narko.



Tetapi ada beberapa event organizer lomba yang tidak memperbolehkan accessories berlebihan untuk memasuki arena perlombaan. Jadi gunakan cara ini sesuai dengan aturan lomba yang berlaku.

2. Berikan rumput buatan
Rumput buatan yang dipakai dalam lapangan futsal cukup efektif dipakai. Karena kacer akan merasa aneh ketika turun ke dasar sangkar. Karena material yang belum pernah disentuh.

3. Berikan ruji dasar dari karet
Cara yang paling klasik dengan memasang karet pentil di bagian bawah. Bila burung mau turun dan kemudian merasa mentul-mentul, akan takut dan kembali ke tangkringan. Hal ini sedikit berbahaya dikarenakan bisa membuat kaki kacer terjepit. Saran dari Tips Kicau Burung dalam menggunakan cara ini hanya saat akan dilombakan saja.




4. Gunakan krodong sebagai alas
Krodong dimasukkan ke dasar sangkar untuk mngelabuhi kacer. Sehingga dikira dasar yang kurang kokoh. Hal ini membuat kacer enggan turun ke dasar sangkar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mengatasi Kacer Melantai