Wednesday, October 7, 2015

Penyebab Dada Lovebird Nyilet


Dada nyilet adalah istilah saat kondisi tulang dada burung menonjol dan apabila diraba akan terasa tonjolan - tonjolan tulang dada burung. Lovebird dapat dikatakan nyilet apabila burung kehilangan 10 - 20 % dari kisaran normal berat badan normalnya. Berart badan normal burung lovebird sekitar 45 sampai 55 gram.

Dalam bahasa inggris kondisi nyilet disebut prominent keel terkadang disebut  prominent breast bone. Penonjolan tulang dada pada lovebird terjadi karena banyak massa otot yang hilang (atrophying). Hal ini merupakan efek langsung dari penurunan bobot badan secara bertahap (akibat kekurangan gizi) maupun secara mendadak (penyakit). Jika tak segera diatasi, sebagian besar lovebird berdada nyilet akan berakhir pada kematian, tetapi sebagian lagi mampu bertahan hidup lebih lama, tergantung dari faktor penyebabnya.

Dalam tahap peternakan atau brreding lovebird sangat disarankan untuk menimbang burung - burung lovebird secara periodik dengan timbangan digital. Serta membuat standar sendiri berat lovebird yang diinginkan oleh pemilik peternak. Dengan penimbangan pada lovebird yang terindikasi nyilet atau kurus akan mengurangi angka kematian di peternakan.

Dalam beberapa kasus, nafsu makan burung masih bagus, tetapi tubuhnya tetap kurus dan berdada nyilet. Dalam berbagai kejadian, lovebird berdada nyilet yang dibiarkan tanpa pengobatan berakhir pada kematian. Jika yang mati adalah indukan unggulan, tentu ini merupakan kerugian besar.

Penyebab Lovebird Nyilet

Lovebird berdada nyilet biasanya disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut penjabarannya :
  • Masalah pakan mencakup asupan nutrisi, jumlah makanan yang dimakan, kebersihan pakan
  • Permasalahan pada paruh lovebird
  • Ganguan parasit Giardia, Cacing Gelang, Tungau Kulit, Lalat dan kutu
  • Infeksi penyakit yang disebabkan bakteri, virus, dan jamur. Beberapa penyakit yang sering berdampak pada penurunan bobot badan lovebird antara lain :

PDD (Proventricular Dilatation Disease)
Psittacosis
Aspergillosis
TB burung (avian tuberculosis)
Candida / Candidiasis
Polyoma / Avian Polyoma
WNV (West Nile Virus)
  • Keracunan logam berat
  • Penyakit gondok burung

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Penyebab Dada Lovebird Nyilet