Friday, October 9, 2015

Tips Jual Beli Burung Prestasi Online


Menggunakan media internet memudahkan para kicau mania dalam mencari bahan burung kicauan untuk lomba maupun klangenan di rumah hanya dengan bermodalkan paket internet. Tetapi banyak terjadi penipuan transaksi jual beli burung online baik melalui sosial media (facebook) maupun situs jual beli.

Gunawan Santoso sebagai salah satu pengorbit banyak cendet jawara juga sering melakukan transaksi onlne via facebook. Tetapi om Gunawan lebih memprioritaskan pembelian burung secara langsung kecuali ada beberapa kendala. Misalkan jarak yang jauh, waktu yang tag kunjung ketemu dan sebab yang lain. Berikut beberapa tips dari Gunawan Santoso dalam bertransaksi online :
  • Beli dari orang yang bisa dipercaya. Rekam jejak yang baik. Punya Teman yang pernah bertransaksi atupun Teman Baik ada yang kenal. Reputasinya baik.
  • Kalau bisa gunakan rekening bersama demi kenyamanan pihak pembeli maupun penjual
  • Tanyakan beberapa pertanyaan umum seperti di bawah ini :
a.  fighternya gimana ?
b.  ada cacatnya / engga?
c.  volume gimana?
d.  kelemahan burung dimana?
e.  kelebihannya apa saja?
f.  kondisi burung sekarang bagaimana?
g. settingan dan jam terbang burung gimana? (tapi ini pertanyaan kurang begitu penting dampaknya, dikarenakan burung kalau pindah tangan ya settingan biasanya berubah juga)
h. itu rekaman kapan?
i.  mabung terakhir kapan?
j.  history burung bagaimana (ini penting gak penting sih, tapi karena saya orangnya kepo, ya tetep lumayan penting buat saya. hehe)
  • Capture setiap percakapan di transaksi Anda, untuk jaga2 apabila ada selisih paham dikemudian hari
  • Sadari resikonya, termasuk tindak penipuan, ataupun burung ga bisa langsung tampil. Seringkali burung yang pindah kota mabung dulu, ngedrop, macet, ga bisa langsung tampil, dan berbagai kendala yang lain. Biasanya burung akan tampil lagi bisa 3 hari setelah sampai di tangan pembeli, bisa sebulan, dua bulan, setahun, bahkan lebih. sekali lagi kembalinya ke rawatan pemilik barunya (settingan), kondisi burung, karakter, maupun faktor hoki.
  • Minta garansi berupa: MATERI LAGU BURUNG YANG DIKIRIM HARUS SAMA DENGAN YANG DITAWARKAN DI VIDEO apabila burung ga sama materinya dengan video yang ditransaksikan penjual harus mau kembali uang atau mungkin tukar dengan burung lain yg selevel / seharga, tentunya dengan teknis yang disepakati diawal transaksi terlebih dahulu.
  • Hati-Hati dengan penjual online yang berani kasi garansi BURUNG PASTI TAMPIL BAGUS ATAU PASTI JUARA biasanya berakhir dengan hal buruk. Karena yang ditransaksikan makhluk hidup, bukan barang.
  • Kenali kelas atau kapasitas burung yang anda beli, kalau burung yang anda beli materi kelas latberan ya jangan berharap bisa juara di event nasional. Materi sangat berpengaruh pada kelas burung.
  • FEELING (bahasa jawanya: kudu SREG dhisik ndek ati), om gunawan terbiasa pakai feeling dalam transaksi, awalnya ya banyak salahnya, sekarangpun masih juga sering salah, tapi sudah lebih banyak benarnya... yang mau bahas poin ini, bahas personal aja ya.. hehe 
Berikut sebagian Tips Jual Beli Burung Prestasi dari Om Gunawan Santoso Semarang.

Semoga Bermanfaat !!!


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Jual Beli Burung Prestasi Online