Tuesday, November 3, 2015

Tips Lovebird Telat Ngekek saat Lomba Ala Om Sigit WMP

Lovebird dilombakan hanya mau ngekek saat lomba akan berakhir dan kerja setelahnya mungkin akan mengkin membuat para pemain lovebird jengkel. Tenang hampir semua pemain lovebird pernah mengalami lovebird gacoannya telat ngekek saat baru pertama kali digantangkan. Termasuk Om Sigit WMP pemilik Lovebird Fenomenal Kusumo pun pernah mengalami lovebirdnya telat ngekek saat dilombakan. 

Mungkin hal ini terjadi karena lovebird belum panas ketika maelihat lawannya. Telat ngekek di lapangan biasanya terjadi pada sesi awal, mungkin karena belum panas. Begitu digantang, lovebird tak langsung mau bunyi. Berbeda pada sesi-sesi berikutnya, burung biasanya langsung ngekek begitu digantang.

Sigit WMP Pemilik Lovebird Fenomenal Kusumo

Untuk mengatasi lovebird yang telat ngekek di lapangan, Om Sigit WMP memiliki tips tersendiri dan bisa menjadi referensi ketika mengalami masalah Lovebird Telat Ngekek.
 
Sehari sebelum lomba (H-1) lovebird yang akan dilombakan tidak dijemur. Tetapi diembunkan dengan hanya disemprot embun halus sampai basah terus diangkan dan diembunkan. Kemudian burung di taruh ditempat yang benar - benar jauh dari lovebird lain. Untuk penggunaan krodong saat penyimpanan tergantung keinginan burung kalau Om Sigit WMP siang hari tidak dikrodong. 

Pada Saat burung hari lomba (Hari H) sebelum berangkat burung diembunkan dan disemprot halus dan langsung dikrodong kemudian ditaruh di tempat yang sejuk hingga akan berangkat ke arena lomba. Tetapi saat berangkat pagi buta hanya membersihkan kandang dan mengecek pakan serta minumnya saja.

Kalau sudah tiba di arena lomba, pilihlah salah satu lokasi yang tenang. Biarkan lovebird ngekek dulu. Jika burung sudah ngekek, barulah kerodongnya dibuka. Selanjutnya, burung digantang di mana saja, atau bisa juga di gantangan biar ngekek sekali – dua kali. Hal ini bertujuan agar burung bisa beradaptasi terhadap suasana atau lokasi perlombaan. Apabila lovebird terlihat mompa atau ngetik (kondisi kenceng diperhatikan), Anda bisa menyemprot dadanya secara lembut, sekali atau dua kali, kemudian langsung dikerodong. 

Kira-kira dua sesi sebelum digantang, atau sekitar 15-20 menit sebelum digantang, kerodong dibuka untuk mengambil pakan dan air minumnya, sekaligus membersihkan dasar sangkarnya. Setelah itu burung dikerodong lagi, ditaruh di tempat sejuk, sampai dibawa ke arena lomba untuk digantang.

“Usahakan burung jangan ngekek terus ketika berada di paddock, agar staminanya terjaga pada saat lomba dimulai,” tutur Om Sigit WMP seperti yang dimuat di webnya sigitwmp.com. Mengenai Extra Fooding atau Pakan Tambahan om Sigit WMP hanya menambahkan jagung muda sejak hari H-1 sampai hari H. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Lovebird Telat Ngekek saat Lomba Ala Om Sigit WMP