Friday, January 29, 2016

Cara sukses ternak pleci


Cara sukses ternak pleci

Tips Kicau Burung- kini menjadi sebuah hobi baru bagi sebagian para pecinta burun. Dan kondisi tersebut mulai di ikuti oleh sebagian masyarakat yang tadinya kurang begitu menyukai  sekarang timbul ketertarikan  dan keinginan untuk mengikuti trand tersebut.

Dan banyaknya peminat untuk memlihara burung sehingga banyak pula para pelaku bisnis burung pleci untuk berlomba -lomba berbisnis jual burung pleci di berbagai pasar burung. Dari mulai kota sampai desa kini banyak juga yang mengadakan  perlombaan kicau burung pleci. Namun sayangnya para pembisnis pleci  sedikit kesulitan  untuk pengadaan burung pleci itu sendiri. Karena maraknya pikatan atau tangkapan liar yang dilakukan oleh para pembisnis burung pleci tersebut sehingga stock yang ada dialam mulai menipis dan juga bisa dipastikan akan punah.

Melihat potensi alam yang mulai menipis dan besarnya permintaan pasar yang ditawarkan membuat kami dan rekan-rekan untuk milirik budidanya burung pleci sekaligus untuk melestarikan keberadaanya biar jangan sampai punah di telan waktu.

Berawal dari modal itu kami memulai cara sukses ternak pleci  dengan bermodalkan pengalaman dan kecintaan kami pada burung pleci mania.  Akan kami share sedikit ilmu yang kami punyai dan siapa tahu ada diantara pembaca pleci mania yang mau ikutan juga bisnis ternak pleci tersebut.

Pada dasarnya  cara ternak pleci  yang dilakukan adalah gampang -gampang susah. Susah kalo belum tahu cara dan triknya. Gampang jika sudah tahu selah atau trik untuk berternak pleci itu sendiri.

Dari pengamatan kami  tentang budidaya pleci kami melihat banyak kesalahan yang dilakukan oleh sebagian pecinta pleci , dan biasanya yang sering kelihatan dan mencolok adalah karena kurnag pemahaman dari sifat pleci itu sendiri. Dan juga kesalahan pemilihan indukannya.

Cara sukses ternak pleci

Cara sukses ternak pleci.


Hal yang wajib diketahui dalam proses  sukses ternak pleci adalah

  • Pemilihan Indukan

Untuk mencapai kesuksesan dalam ternak pleci semaksimal mungkin usahakan cari indukan (membedakan pleci dari jenisnya ) yang usinya diatas  satu atauh karena di usia tersebut  merupakan usia produktif pleci. Cari indukan detina yang jinak artinya indukan betina tidak mudah kaget akan kehadiran manusia sifatnya tenang dan kalem. Pilih Indukan jantan yang sudah gacor dan ngalas , hal ini bagus untuk bibit bebet dan boot sehingga kualitas keturunan yang dihasilkan menjadi lebih baik

  • Penggiringan  atau perjodohan

proses pengiringan merupakan proses  utama untuk menentukan berhasil atau tidaknya ternak yang kita lakukan. Dan biasanya proses ini  dilakukan dengan tahapan pemancingan  dengan cara mendekatkan kandang  jantang dan kandang betina selama kurang lebih  1 mingguan. Dan jangan lupa kasih supan makanan yang banyak mengandung protein.  Setelah satu minggu coba jauhkan antara keduanya jika perjodoan berhasil  maka keduanya akan timbul rasa gelisah dan kangen galau men... dengan ditandainya sautan satu sama lain.   Bila tanda tersebut sudah muncul maka perjodohan berhasil tinggal malamnya jika akadkan dengan cara satukan dalam kandang dan beri kerodong biar prosesi perkawinan lancar tanpa da gangguan.

  • Pemilihan Sangkar

untuk sangkar usahakan jangan terlalu luas atau terlalu sempit yang sedang-sedang saja. Biasanya para peternak menggunakan ukuran 30 x 30 x55. Dan jangan lupa kasih serabut bambu atau kelapa yang sejenisnya  biar burung bisa membuat sangkarnya sendiri  seperti keadaan dihabitat aslinya. Jika burung indukan betina sudah bertelor jangan lupa untuk pisah indukan jantan biar proses pengeraman tidak ada gangguan . usahakan suhu dalam kandang stabil saat proses pengeraman.

  • Asupan gisi atau pakan


Saat proses untuk mendapatkan hasil yang sukses dalam beternak burung pleci maka asupan gizi  / pakan burung pleci harus diperhatikan. Karena ini akan berpengaruh terhadap birahi dan rangsangan kedua indukan pleci. Jangan sampai salah memberikan makanan.

Itulah beberapa cara suskses ternak pleci . Dan perlu diketahui cara tersebut tidak hanya dapat dilakukan untuk burung pleci saja namun dapat dipakai untuk semua burung. Karena pada dasarnya semua jenis burung dapat dibudidayakan atau diternak.

Ciptakan peluangmu raih kesempatan yang ada dan mudah - mudahan, hobi yang kita jalankan dapat menghasilakan nilai ekonomi untuk keluarga dan anak istri kita amin.. biar mereka tidak ngambek jika disuruh maindin burung kesayangan kita :) sekian dan trimakasih salam pleci mania.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara sukses ternak pleci