Sunday, January 24, 2016

Kenali tahapan di bawah ini jika Anda ingin pleci bisa ngalas ngerol

Burung Pleci seperti layaknya mahluk hidup lainnya, seperti halnya manusia. Untuk tumbuh dari anak-anak hingga menjadi dewasa dan mampu bekerja melakukan berbagai pekerjaan tentu membutuhkan banyak belajar dan melalui berbagai tahapan.


Demikian halnya burung Pleci, untuk mencapai fase burung mampu ngalas dan ngerol indah dengan berbagai suara isian tentunya harus melalui proses-proses terlebih dahulu dari awal. 

Banyak penyuka atau penghobi Pleci yang belum mengetahui betul fase tersebut cenderung kurang sabar, mereka menginginkan burung yang baru dirawat beberapa hari berharap cepat-cepat buka paruh, ngalas dan ngerol kenceng. Berbagai cara dilakukan, seperti dengan voer racikan, doping dan setiap jam diajak jalan-jalan..hehehe..

Biasanya penghobi Pleci yang belum memahami fase-fase pertumbuhan Pleci tersebut akan kecewa ketika menganggap burung bakalannya tidak kunjung ngalas, bukpar dan ngeplong.  Dijual atau ganti burung, ya cara tersebut biasanya dilakukan oleh mereka yang putus asa merawat Pleci karena berharap hasil yang cepat dan instan.

Untuk itu, perlu Sobat Pleman ketahui fase dan tahapan pertumbuhan burung Pleci dari ngeriwik hingga ngeplong di bawah ini, agar Sobat memahami betul proses burung bisa menjadi benar-benar ngalas buka paruh.

Fase-fase kemampuan perkembangan bunyi pada Pleci bakalan.


  1. Pleci hanya sering diam dan hanya bunyi ngecall, nada panggil..ciet..cieet..
  2. Pleci sudah mulai mau ngeriwik kecil, pada fase ini burung sering terlihat nagen sambil ngeriwik dengan leher bergerak-gerak sambil sesekali membuka paruh.
  3. Fase ngeriwik kasar, pada ngeriwik kasar suara ngeriwik sudah terdengar lebih keras dan burung mulai terlihat membuka paruhnya.
  4. Ngalas ngeplong, pada fase ini burung sudah berbunyi keras dengan suara call yang menyambung atau terputus-putus namun keras dan terdengar dari jarak jauh.
  5. Ngalas dan ngerol, ngalas merupakan nada panggil khas pleci yang keras dengan cara menyambung terus atau kadang putus-putus. Sedangkan ngerol yaitu mengeluarkan aneka suara isian dengan keras dan terdengar jelas meski dari jarak agak jauh.

Semua burung Pleci jantan akan mengalami fase-fase tersebut seperti di atas, yang membedakan burung satu dengan lainnya yaitu kemampuan dan kecerdasan masing-masing burung. Jika burung tergolong cerdas dan bermental baik, maka proses dan tahapan fase tersebut berlangsung cepat.

Selain hal-hal tersebut, perawatan dan pakan juga ikut menentukan cepat tidaknya burung mencapai fase akhir yaitu ngalas dan ngerol.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kenali tahapan di bawah ini jika Anda ingin pleci bisa ngalas ngerol