Wednesday, January 27, 2016

MANFAAT KANDANG UMBARAN PADA BURUNG KACER











MANFAAT KANDANG UMBARAN PADA BURUNG KACER


Olahraga memegang peranan penting agar sistem kekebalan pada tubuh burung kacer berjalan sesuai dengan semestinya, dengan memberikan kandang umbaran pada burung kacer berarti kita telah memberikan terapi olahraga pada burung kacer

adapun manfaat kandang umbaran atau burung kacer yang dimasukan ke dalam sangkar berukuran besar, sekitar 3 x 1, 5 x 1, 9 meter untuk burung Kacer dalam kurun waktu tertentu, biasanya 2–3 jam per hari adalah bertujuan agar burung kacer jadi lebih sehat karena bisa terbang ke sana kemari dengan leluasa, burung terbang dalam ukuran kandang yang lebih besar tentunya sangat bermanfaat untuk :
  • melatih pernapasan, 
  • memperkuat otot – ototnya karena sayap yang dikepakan menjadi lebih kuat, 
  • mengurangi stres serta burung bisa lebih rajin berkicau. 
  • Manfaat lain dari kandang Umbaran adalah agar burung merasa lebih bebas bergerak seperti di alam liarnya serta diyakini bisa mengurangi mbagong / mbedesi pada burung Kacer.
Adapun panduan dalam memberikan kandang umbaran pada burung kacer adalah sbb :
  • Setiap hari minimal seminggu 2 kali setelah dimandikan, masukan burung Kacer ke kandang umbaran sembari dijemur agar burung tidak jenuh, di dalam kandang umbaran tersebut sebaiknya diberi tanah liat yang diletakan di tempat khusus agar bertujuan sebagai asinan.
  • Kandang Umbaran sebaiknya diletakan di tempat yang terbuka dan terkena sinar Matahari secara langsung, di salah satu sudut pada kandang umbaran atap sebaiknya di tutup dengan sehelai kain untuk di jadikan tempat berteduh burung.
  • Gunakan 3 pangkringan, yang satu di buat kokoh / tidak bergoyang dan yang lainnya di buat bergoyang dengan tujuan bila burung hinggap di pangkringan yang bergoyang maka burung akan merasa kurang nyaman sehingga burung akan berganti ke pangkringan lain bertujuan agar burung tidak bertengger pada 1 pangkringan saja. Tujuan lainnya agar burung sewaktu di dalam kandang umbaran tidak merasa betah dan akan terbang kesana–kemari sebaliknya pangkringan yang kuat bakal dijadikan burung untuk istirahat bilamana burung merasa kelelahan.
  • Untuk burung yang baru mau dilatih masuk ke kandang umbaran, sebaiknya burung tersebut di pancing dengan menggunakan Jangkrik ataupun EF lainnya yang diletakan di dasar kandang umbaran.
  • Di dalam kandang Umbaran burung sebaiknya jangan dikasih makanan, agar sewaktu akan memindahkan burung ke kandang harian tidak kesulitan, cukup di pancing dengan jangkrik ataupun EF Lainnya, agar burung dapat kembali ke kandang harian sewaktu selesai mengumbar.
  • Posisi Kandang umbaran sebaiknya tidak langsung menyentuh tanah serta awasi burung sewaktu di dalam kandang umbaran untuk mengurangi resiko burung di serang hewan lainnya seperti semut ataupun kucing.
  • Setelah burung kacer selesai diumbar sebaiknya langsung dipindahkan kembali ke kandang harian, diangin–anginkan sekitar 30 menit, beri EF dan Voer terlebih dahulu lalu diberi minum, 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : MANFAAT KANDANG UMBARAN PADA BURUNG KACER