Thursday, January 28, 2016

Menaklukkan Pleci Dakun

Menaklukkan Pleci Dakun

Menaklukkan Pleci Dakun (Dada kuning)  Bakalan - Cara menaklukkan pleci Dakun (Dada kuning)  dengan mudah. Seperti kita ketahui, ada 2 macam burung pleci mania di Indonesia, yaitu pleci dada putih dan pleci Dakun (Dada kuning) . Burung pleci mania Dakun (Dada kuning)  sendiri termasuk sejenis pleci yang mudah dijumpai di pasaran. Burung pleci mania dakun.

Begitu singkatannya merupakan burung yang berharga terjangkau saat dijual di pasaran. Harga burung pleci mania ini bervariasi, mulai dari harga yang murah hingga berharga mahal. Jika Anda merawat burung yang satu ini, tentu harus mengetahui cara merawat pleci Dakun (Dada kuning)  dengan baik. Meskipun begitu, burung pleci mania dakun ini tidak begitu sulit dalam hal perawatannya.

Burung pleci mania dakun tergolong burung pleci mania yang paling mudah dirawat, berbeda dengan pleci yang lain yang sulit perawatannya juga begitu sensitif. Burung pleci mania dakun mempunyai warna yang begitu menarik, seperti namanya burung pleci mania jenis ini mempunyai warna kuning pada bagian bulu dadanya. Sebelumnya, burung yang satu ini tidak begitu populer tetapi kita bisa melihat pleci jenis ini beterbangan di alam bebas. Hal ini dikarenakan, pleci dakun termasuk jenis burung yang tersebar luas di Indonesia. Namun, kini burung pleci mania banyak dijual di pasaran, di mana rata-rata merupakan hasil tangkapan dari hutan. Jika Anda memilikinya, dan bisa melakukan cara menaklukkan pleci Dakun (Dada kuning)  yang benar, tentu burung pleci mania ini akan mudah jinak. Terlebih lagi, ia akan mengeluarkan suara yang begitu merdu. Untuk Anda yang memiliki burung pleci mania dan ingin merawatnya, ada beberapa tips menaklukkan pleci Dakun (Dada kuning)  dengan perawatan berikut ini:

Step-step  Yang Anda Lakukan

 • Tempat pleci


Untuk menaklukkan pleci Dakun (Dada kuning)  yang pertama adalah satukan burung pleci mania bakalan dengan burung pleci mania dakun yang telah jinak dalam satu tempat. Hal ini dikarenakan, burung pleci mania memiliki karakter kolonial dan berbeda halnya ketika Anda harus menempatkan burung yang memiliki karakter petarung. Justru burung pleci mania dakun merasa nyaman dan aman apabila ada burung pleci mania dakun lainnya. Akan lebih dianjurkan jika dalam cara menaklukkan pleci Dakun (Dada kuning)  ini, Anda merawat pleci lebih dari 1 ekor burung.

 Sangkar

 Anda bisa menempatkan burung pleci mania dakun dalam sangkar dengan ukuran kecil/mini lalu pasang tenggeran yang cukup banyak. Hal ini berfungsi supaya gerakan dari burung pleci mania bakalan ini merasa dibatasi sehingga ia terbiasa dengan keadaan dan kondisinya saat ini. Terlebih lagi cara ini juga bisa membantu pleci dakun agar bisa membawakan lagu dengan nagen.

 Lingkungan

Dari segi lingkungan sendiri, dianjurkan jika Anda menyimpan sarang burung pleci mania di area keramaian yang dilalui banyak orang dengan letak yang tak terlalu rendah juga tidak terlalu tinggi. Pastikan juga pleci yang Anda miliki tidak didekatkan dengan kucing yang bersifat predator bagi burung.

Makanan dan Minuman

 Cara menaklukkan pleci Dakun (Dada kuning)  berikutnya adalah jangan membatasi pemberian makanan ataupun minuman pada pleci bakalan, terlebih lagi saat Anda menempatkan pleci bakalan dan pleci yang sudah jinak dalam satu tempat. Hal ini dikarenakan sifat kolonialnya yang bisa dibilang bahwa pleci merupakan burung peniru.

Jika kita lebih teliti dan lebih memahami akan situasi dan keadaan serta perhatian yang serius, maka kita akan dengan mudah untuk menaklukan segala jenis pleci.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Menaklukkan Pleci Dakun