Monday, January 4, 2016

Mudahnya merawat burung pleci kacamata

Merawat Pleci kacamata bagi pemula yang baru memelihara Pleci rasanya akan mudah dilakukan dan tidak terlalu mengalami kesulitan. Burung pleci kacamata tergolong burung yang sangat mudah dirawat dan juga burung yang bisa cepat beradaptasi dengan lingkungan barunya. 



Jika Sobat termasuk baru-baru saja memiliki burung Pleci dan ingin mengetahui bagaimana cara mudah merawat burung mungil berkacamata ini, artikel di bawah ini termasuk tepat untuk Sobat jadikan bahan bacaan sebagai wacana dalam merawat burung Pleci.

Mudahnya merawat Pleci.


  1. Embunkan burung setiap pagi hari, jika Sobat memiliki lebih dari satu ekor maka jejer saja sangkarnya waktu pengembunan.
  2. Setelah matahari mulai hangat, bersihkan dan ganti semua pakan, air minum dll. Ganti buah yang sudah basi, pembersihan sangkar dilakukan sambil penjemuran dan penyemprotan burung dengan air supaya mandi.
  3. Selesai dibersihkan dan burung dimandikan, burung bisa kembali dijemur dengan cara dijejer hingga bulu-bulunya terlihat mengering/kering.
  4. Untuk sekedar menikmati burung berkicau dengan suara khas pleci, setelah penjemuran coba sempatkan sangkar dipisah berjauhan sampai burung terpancing untuk bersuara ngalas, ngerol selama 30 menit atau 1 jam.
  5. Setelah selesai semuanya, burung bisa kembali dimasukkan di dalam rumah tempat menyimpannya dengan cara dijejer hingga sore hari atau esok harinya.
  6. Jika Sobat memiliki waktu luang lebih, berikan ulat hongkong putih atau kroto atau ulat kandang pada pagi dan sore hari menjelang burung beristirahat malam hari.

Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mudahnya merawat burung pleci kacamata