Monday, February 22, 2016

Mengenal Habitat Asli Burung Pleci

Mengenal Habitat Asli Burung Pleci

Mengenal habita asli burung pleci tidaklah sulit sulit, terutama bagi pecinta pleci mania. Burung pleci atau ada yang menyebutnya burung kacamata atau burung cici kacamata dulunya sangatlah mudah ditemuai disetiap kebun-kebun penduduk terutama yang masih banyak pohonya. Karena sifatnya yang berkoloni makanya mudah untuk dikenali . Setiap burung pleci mencari makananya dia selalu bergerombol mungkin bisa dikatakan seperti burung gereja yang setiap kali kedatanganya pasti disertai dengan kawan-kawannya nah  begitulah burung pleci adanya.

Mungkin bagi seorang pemula yang baru merambah ke pecinta burung belum tahu atau kagetnya jika pleci ini tergolong burung cici. Tak ubahnya dengan cici madu, cici api atau yang lainnya.

Mengenal Habitat Asli Burung Pleci

 Burung pleci merupakan kategori burung yang sedang trend dan populer di kalangan pleci mania. Cara perawatan dan budidaya pleci yang tergolong cukup mudah serta harga bakalan burung pleci yang sangat terjangkau membuat burung ini sering ditemui berbagai pasar burung lokal. Burung pleci kalau dari segi fisik hanya biasa saja, namun  fakta uniknya terdapat sebuah garis lingkaran di matanya. Dari segi ukuran Burung ini memiliki keunikan ukuran tubuh yang cukup mungil, berkisar 15 cm dan sayapnya yang melingkar dan memiliki kaki yang kuat.Burung  Pleci pada umumnya memiliki corak warna bulu hijau - kelabu, tidak jarang  ada beberapa jenis yang memiliki perut dan bulu leher yang berwarna kuning atau putih. Habitat aslinya  Burung pleci lalu hidup berkelompok dalam kawanan atau berkoloni. Jika  saat memasuki musim kawin tiba, maka burung pleci akan membangun sarang di pohon dan burung ini akan bertelur 2-4 butir dengan telur yang berwarna biru pucat.
Mengenal Habitat Asli Burung Pleci

Pleci   atau biasa disebut juga dengan burung  Cici Kacamata memiliki (bentuk, kicau, dan warna) yang indah. Para plecimania  memang lebih sering dipanggil dengan sebutan cici kacamata atau pleci. Burung pleci  ini termasuk burung yang monomorpic (burung yang berkelamin betina dan jantan memiliki tampilan fisik yang hampir mirip atau sama). Variasi burung  Banyak sekali corak ragamnya,  warna dari burung ini  ada yang menyebut cici kacamata abu-abu;cici kacamata kuning ; da juga orang yang menyebutnya burung pleci ataupun pleci cina.

Suku burung-burung kacamata (zosteropidae) mencakup sejumlah burung pengicau (passeriformes) kecil yang tersebar luas di daerah tropika di Dunia Lama (termasuk Australasia). Genus pencirinya adalah "Zosterops". Burung-burung anggota suku ini dicirikan dengan lingkaran di sekitar mata berwarna putih (dari sini sebutan bahasa Inggris white-eye berasal) atau warna abu-abu.

Burung ini memang memiliki suara yang cukup bagus. Karena suara kicauannya tidak begitu keras tapi sangat menghibur bagi si pemiliknya, dan burung pleci ini cukup energik dan aktif, dan khusus bagi semua orang yang ingin memelihara burung pleci atau cici kacamata ini tidak akan menyesal karena ocehannya sangat menyenangkan.

Banyak anggota burung pleci yang bersifat endemik di kepulauan atau suatu pulau, seperti beberapa jenis yang baru ditemukan pada tahun 2007 di Kepulauan Togian, Provinsi Sulawesi Tengah. Dari segi penampilan anggotanya terlihat biasa, tidak ada satupun ciri-ciri yang mencolok, kecuali adanya segaris lingkaran di sekitar daerah mata. Sayapnya melingkar dan memiliki kaki yang kuat.

Ukurannya relatif kecil hanya sepanjang 15cm. Warna bulu biasanya hijau kelabu, tetapi ada juga jenis yang memiliki bulu di daerah perut dan leher berwarna putih atau kuning. Semua anggota burung pleci memang senang hidup berkelompok dan terbang dalam kawanan. Pada musim kawin, maka burung pleci membangun sarang di pohon dengan telur biru pucat rata-rata sebanyak 2-4 butir. Makanan utamanya adalah buah-buah kecil dan serangga, serta nektar. Di  Benua Australia bahkan ada yang menjadi hama di daerah perkebunan buah anggur karena burung pleci bertengger di tangkai dan melukai tanaman.

Burung kecil yang lincah, dengan panjang tubuh (dari ujung paruh hingga ujung ekor) sekitar 10—11 cm. Sisi atas tubuh tertutup bulu-bulu kehijauan atau hijau kekuningan (hijau zaitun), sedangkan Sisi bawahnya sedikit bervariasi bergantung rasnya, kecuali leher dan dadanya yang berwarna kuning terang. Sayapnya membundar dan kaki-kakinya kuat. 

Ringkasan Mengenal Tentang Habitat dan Ciri Burung Pleci

Nama-namanya ("kacamata", white-eye) merujuk  pada lingkaran bulu-bulu kecil berwarna putih di sekeliling matanya. Nama marganya berasal dari kata Yunani  zosterops, yang berarti "sabuk mata". Gemar berkelompok, burung ini kerap membentuk gerombolan besar yang bergerak bersama di antara tajuk pepohonan; bahkan sering juga bercampur dengan spesies lain seperti burung sepah (Pericrocotus). Meskipun utamanya burung kacamata bersifat pemakan serangga, namun ia juga memakan nektar dan aneka jenis buah. Sembari mencari mangsanya di sela-sela dedaunan, burung ini terus bergerak dari satu ranting ke lain ranting, dan kemudian berpindah ke lain pohon yang berdekatan, sambil terus  mengeluarkan suara berkeciap tinggi setiap beberapa saat  sekali untuk berkomunikasi dengan anggota kelompok  yang lainnya. Dari beberapa uraian di atas maka anda sudah Mengenal Tentang Habitat dan Ciri Burung Pleci.

Burung pleci memang burung unik dan indah untuk dipandang mata serta mempunyai suara yang merdu. Sertelah kita mengenal habitat asli dari burung ini , Diharapkan kita bisa merawat dan menganalisa akan kekurangan yang kita lakukan dalam perawatanya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mengenal Habitat Asli Burung Pleci