Wednesday, February 24, 2016

Waspada Bahaya Ulat Hongkong Bagi Pleci

Waspada  Bahaya Ulat Hongkong Bagi Pleci
Pleci sedang makan bersama
Waspada bahaya ulat hongkong bagi pleci  itu sangatlah perlu , pasalnya yang namanya setiap pecinta pleci mania pasti tidak asing lagi dengan namanya pakan burung pleci  dari mulai voor, jangkring,kroto, sampai ulat hongkong yang marak dipasaran. Namun apakah disadari bahwa pemberian pakan yang berlebihan bisa berdampak pada stamina dan kondisi burung. Karena dosisi yang terlalu berlebihan itulah yang harus kita hindari. Jangan sampai burung kesayangan kita menjadi korban ketidak pekaan kita terhadap makanan yang kita berikan.

Eksperimen terhapa racikan pakan burung memang perlu namun control dan pengendalian serta ceklist perawatanya itu tetap mutlak perlu untuk kita lakukan.
Disini saya akan meberikan ulasan sedikit yang saya temukan dari berbagai pengalaman kawan-kanwan pecinta plecimania.Namun disini saya titik beratkan pada pemberian ulat hongkok karena jenis ini yang saya rasa sangat berbahanya dan jarang sekali para pawang burung pleci kurang memperhatikanya.

Waspada  Bahaya Ulat Hongkong Bagi Pleci  Dan Pantanganya

Tidak boleh dibrikan dalam keadaan hidup-hidup

mengetahui efek samping ulat hongkong terhadap burung
Mengapa bisa demikian,? Kalau dikonsumsi dalam keadaan hidup kandungan lemak dari ulat hongkong memang cukup tinggi,kalau diberikan dalam keadaan mati bisa mengurangi kadar lemak,selain itu kandungan zat kitinnya juga sangat tinggi kemungkinan besar akan mengganggu pencernaan burung kalau diberikan secara berlebihan bisa membahayakan.Dengan mencelupkan ke air hangat dulu setelah mati baru diberikan kepada burung kicau.Pemberian ulat hongkong sebaiknya anda memilih yang berwarna putih atau ulat yang baru berganti warna,kemudian anda bisa menghilangkan bagian kepalanya.

Dampak yang ditimbulkan bagi burung

Ulat hongkong memang bagus untuk perkembangan akan tetapi kalau diberikan berlebihan akan menimbulkan efek yang tidak bagus.Dibawah ini efek yang ditimbulkan dari ulat hongkong jika diberikan secara berlebihan :
  • Dapat menyebabkan tubuh burung menjadi panas dan over birahi lama-kelamaan akan terjadi rontok bulu secara cepat kalau diberikan secara over.
  • Dapat menyebabkan gangguan pencernaan
  • Dapat menyebabkan cacat fisik pada burung yaitu kebutaan permanen
  • Menambah biaya pakan

Nutrisi dan kandunganya

Ingat kandungan zat kitin didalam tubuh ulat hongkong sangat tinggi,usahakan jangan diberikan pakan ini secara berlebihan
  • Kandungan lemak ersentasinya juga sangat tinggi
  • Kandungan nutrisi ulat hongkong 42% lemak kasar,46% protein kasar,7 % kadar abu,kandungan non nitrogen 10 %
  • Kadar air yang  yang terkandung di dalam tubuh ulat hongkong mencapai 55 %.
Nah sekarang para pecinta plecimania sudah tahu akan bahaya yang ditimbulkan dari ulat hongkok bukan , mulailah waspada dalam pemberian makananya. Kami tidak melarang meberikan pakan berupa ulat hongkok hanya ingin menghimbau biar controling dan waspada terhadap dampak yang akan ditimbulkan. Jangan sampai kejadian yang sudah -sudah terulang dan menimpa sahabat semua.

Selalu berbagi pengalaman dan ilmu buat para pleci mania. Tuliskan sepatah dua patah jika artikel ini masih ada kekuranganya dan insyaallah akan saya perbaiki dengan segera. Biar kita selalu tahu cara perawatan dan pemeliharaan plecibuat kita semua. Salam selalu pleci mania sukses selalu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Waspada Bahaya Ulat Hongkong Bagi Pleci