Thursday, March 10, 2016

EF dan manfaatnya pada Pleci sebelum lomba


Setting Pleci dengan ekstra fooding sebelum lomba merupakan aktivitas wajib bagi Pleci mania sebelum burung jagoannya naik gantangan lomba. Mulai dari pembersihan dasar sangkar, pemberian minuman dopping hingga setting pemberian ekstra fooding.

Pemberian ekstra fooding dipercaya mampu membuat burung Pleci menjadi kerja atau nampil gacor di atas gantangan, namun pemberian EF jika kurang tepat justru bisa menjadi bumerang.

Ketidak tepatan setting pemberian ekstra fooding sebelum naik lomba bisa berakibat burung menjadi cuma ngeriwik atau justru loncat-loncat sambil bunyi ngecall. Menurut teman-teman Pleci mania, berikut ini ada beberapa efek pemberian EF yang kurang tepat pada Pleci. Efek tersebut bisa berakibat pada tingkah laku Pleci ketika di atas gantangan lomba.

Reaksi ekstra fooding pada Pleci jika kurang tepat, sumber Komunitas Pleci Nusantara :

  • Kroto, burung lebih suka nagen namun hanya ngeriwik atau bisa juga loncat-loncat sambil bunyi ngecall.
  • Pisang, burung menjadi kurang ngotot dan hanya bunyi ngeriwik.
  • Isi perut Jangkrik, burung menjadi bersuara kecil dan bekerja hanya sebentar saja.
  • Ulat Hongkong putih, Pleci ngeriwik nagen terkadang ngalas ngeroll.
  • Ulat kandang, Pleci lebih sering terlihat loncat-loncat gelisah.

Kunci dari semua hal pemberian ekstra fooding yang tepat untuk Pleci adalah pengenalan karakter burung tersebut, jika Anda sudah mengenali karakter burung lebih dalam. Maka pemberian EF juga akan tepat sasaran dan tidak sampai terjadi salah setting pada Pleci yanga akan diadu di kontes burung Pleci.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : EF dan manfaatnya pada Pleci sebelum lomba