Friday, May 20, 2016

Cara penjodohan calon indukan Pleci untuk ternak


Ingin beternak burung Pleci kacamata dan belum tau cara menjodohkan calon indukannya ?, coba baca cara dan urutan penjodohan burung Pleci yang admin baca dan tulis ulang dari grup Pleci 220 Volt tulisan dari Om. Agil V Houten Z.

Ternak atau breeding Pleci dalam beberapa tahun ini memang mulai ngetrend dan cukup digemari oleh pleci mania. Selain untuk mensiasati berkurangnya populasi Pleci di alam liar, burung Pleci hasil ternakan juga dipercaya lebih cepat bunyi dan lebih mudah diatur masteran suaranya. 
Sepasang calon indukan Pleci
Tetapi untuk menyiapkan calon indukan untuk ternak Pleci perlu dilakukan tahapan-tahapan penting untuk benar-benar menjodohkan burung supaya mau bertelur. Berikut ini tahapan penjodohan calon indukan Pleci untuk beternak.

Tahapan penjodohan calon indukan Pleci 

  1. Siapkan calon indukan Pleci yang sudah siap ternak untuk dijodohkan, akan lebih baik jika burung sudah berumur sedang, tidak terlalu muda dan terlalu tua.
  2. Selalu jejerkan sangkar kedua burung jantan dan betina calon indukan, ketika sedang dikoloni di dalam koloni Pleci di rumah Anda.
    Jejer rapat calon indukan saat penjemuran
  3. Jika terlihat mulai ada kecocokan, coba Anda pisahkan keduanya untuk tidak saling lihat tetapi masih bisa mendengar suaranya.
  4. Jika sudah saling panggil dan saling sahut, berarti calon sepasang indukan menandakan ada kecocokan.
  5. Pada saat penjemuran, kedua burung yang sedang dijodohkan selalu ditermpelkan sangkarnya untuk lebih mempercepat penjodohannya.
  6. Selama masa penjodohan, berikan pakan yang mengandung protein tinggi seperti Kroto maupun ulet hongkong.
  7. Jika dirasa proses perjodohan sudah mengalami kemajuan dan kedua burung sudah terlihat cocok, proses penyatuan ke dalam sangkar breeding dengan sangkar untuk bertelur bisa coba dilakukan selama 3 s/d 6 hari.
  8. Nah, jika calon indukan terlihat sudah mulai mengigit-gigit bahan untuk membuat sarang, maka yang perlu Anda lakukan adalah mendongkrak pakan dengan pakan yang bisa menaikkan birahi burung. Seperti Kroto atau Ulat hongkong.

Sesekali proses pemisahan juga bisa dilakukan selama masa perkawinan, proses ini bertujuan untuk semakin memancing burung melakukan perkawinan untuk pembuahan.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara penjodohan calon indukan Pleci untuk ternak