Wednesday, June 8, 2016

Seputar Pantangan Makanan Yang Di Anjurkan dan Yang Harus Di Hindari Bagi Burung Pleci


Seputar Pantangan Makanan  Yang Di Anjurkan dan Yang Harus Di Hindari Bagi Burung Pleci

Seputar pantangan makanan  yang dianjurkan dan yang harus dihindari Bagi Burung Pleci, mutlak harus di ketahui oleh para pecinta burung pleci mania. Jika ingin memberikan makanan yang benar dan banyak mengandung gizi bagi burung kesayangan anda. Mungkin bagi sebagian orang hal ini dianggap remeh dan kurang perlu untuk diketahui , karena pada dasarnya mereka beranggapan bahwa memberikan voer atau prodak makanan prabrik yang dijual diberbagai galeri burung sudah cukup dan memadahi.

Namun apakah anda pernah bertanya pada diri anda sendiri tentang perkembangan kicauan gacornya pleci yang anda perlihara begitu lambat perkembanganya dibandingkan dengan punya tetangga atau penya lawan main anda.

Tau anda pernya bertanya-tanya kenapa burung pleci yang anda pelihara dan dengan perawatan yang sesui dan maksimal , akan tetapi hasil dari perlombaan belum juga ada dipihak anda.
Atau anda juga pernah bertanya kenapa perkembangan dan tampilan bulu serta postur tubuh burung ada kurang terlihat atletis atau menarik.

Jika pertanyaan-pertanyaan seperti itu sering kali muncul dibenak anda ,brarti anda termasuk orang yang peduli terhapap burung peliharaan anda khususnya pleci.

Dan jika hal ini juga pernah berlaku pada sobat plecimania ada baiknya anda segera review makanan yang anda berikan bagi burung pleci anda, dan segeralah koreksi. Karena makanan menjadikan faktor utama yang memperngaruhi faktor perkembangan burung pleci sobat.

Dan berikut merupakan bebebrapa pantangan makanan buat pleci mania.

1.  Alpukat

Kandungan zat  yang terdapat didalam buah Alpukat, sangatlah berbahanya bagi burung pleci karena lambat laut bisa menimbulkan kematian , dan juga biasanya bila dikonsumsi terus burung akan kehilangan nafsu makan ,jantung berdetak kencang dan nafas tersengal-sengal kaya orang asma. Sehingga buah ini haram hukumnya buat pleci.

2. Rhubarb

Rhubarb merupakan tanaman dengan bentuk daun segitiga yang lebar dan beracun , karena kandungan zat asam oksalatnya tinggi . Walaupun batangya nikmat untuk disantap. Namun tanaman ini banyak mengandung racun sehingga tidak disarankan untuk makanan burung peliharaan terutama pleci kesayangan anda.

3. Aspargus 

Asparagus jika dikonsumsi terus menerus bisa mengakibatkan gangguan pada pencernaan pleci biasanya di indikasikan sengan gangguan perut dan mual-mual. Dan kelihatan berak burung pleci anda encer seperti terserang diare aliar mencret.

3. Kafein 

Walaupun para pecinta burung suka dengan kafein saat nongkrongin burungnya, namun untuk yang satu ini jangan pernah sekali-kali sobat plecimania memberikan pada burung kesayangan anda ya. Soalnya jika kafein dikonsumsi oleh burung akan menyebabkan masalah gangguan jantung dan hiperaktivitas. Yang berakibat burung pleci susah untuk dikontrol tidak mau diam giras seperti burung kesurupan. Dan untuk itu sangat tidak dianjurkan untuk join dengan burung ya..:V

4. Biji Buah 

Ya seperti yang sudah kita ketahui bahwa buah-buahan sangatlah bermanfaat bagi kesehatan pleci mania, buah dapat memberikan stamina yang bagus . Namun perlu untuk dicatat bahwa pemberian biji buah dapat menimbulkan kematian pada burung terutama jika buah tersebut kerasa dan susah dicena apalagi dapat menimbulkan cegukan buat burung anda.

5. Bawang Merah dan bawang putih

banyak para  pakar burung merekomendasikan untuk menghindari pemberian bawang merah dan juga bawang putih untuk burung peliharaan. Selain rasanya tidak enak nilai manfaatnya juga kurang pas dan bahkan tidak ada.

6. Coklat

Senyawa kandungan coklat yang biasa disebut dengan theobormine merupakan stimulan senyawa yang sangat mematikan bagi burung bisa menyebabkan gangguan jantung dan depresi serta kerusakan hati.

7. Garam dan gula berlebihan

Pemberian garam dan gula yang berkebihan pada makanan atau minuman pada burung dapat menyebabkan kematian.

8. Kacang-kacangan

Ada baiknya hindari pemberian kacang-kacangan, terutama kacang tanah karena kandungan zat beracun yang disebut aflatoksin, dan  diyakini bisa menyebabkan kanker. Namun bila  anda memang harus menggunakan kacang tanah sebagai makanan burung anda maka pastikan anda sudah terlebih dahulu mengupas cangkangnya untuk menjamin tidak mengandung jamur dan tidak terkontaminasi dengan bakteri jahat. Dan ada baiknya membeli kacang kacangan dari produsen yang memang khusus pakan burung bukan sebagai makanan manusia

Jika ada pantangan pasti ada yang namanya ajuran, dan berikut ini beberapa makanan yang memang dianjurkan untuk burung pleci . Dan jika dilihat bagus maka bisa diikuti dan ada baiknya anda segera mencobanya biar tahu akan nilai manfaatnya.

Nilai manfaat sayur dan buah memang sudah dikenal luas oleh beberapa kalangan hali gizi, namun ada beberapa sayur dan buah yang bagus untuk manusia belum tentu bagus untuk burung kesayangan anda.

Seputar Pantangan Makanan  Yang Di Anjurkan dan Yang Harus Di Hindari Bagi Burung Pleci

Dan berikut beberapa macam sayur yang bagus buat burung pleci kesayangan anda.

1. Buah pepaya

Memang buah pepaya sangat disukai oleh pleci, dilihat dari  teksturnya yang lembut dan dagingnya yang berair menjadi santapan tersendiri yang enak dan segar bagi pleci, dan banyaknya kandungan didalamnya seperti;

  1. Terdapat kandungan  antioksidan yang banyak.
  2. Terdapat kandungan  menuruntkan menurunkan OB
  3. Terdapat kandungan   vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, magnesium, kalium, asam panthotenic,flavanoid. Dan sangat baik untuk pertumbuhan dan kesehatan pleci.
  4. Dan dapat  menurunkan suhu tubuh pleci yang tinggi
  5. Mampu mencegah dehidrasi.

2. Pisang 

Buah pisang yang banyak ditemukan dipekarangan rumah ini kerap menjadi sasaran bagi pleci yang ingin makan buahnya, berikut ini kadandungan buah nya;

  1. Terdapat kandungan  vitamin A
  2. Terdapat kandungan vitamin C
  3. Terdapat kandungan karbohidrat
  4. Dapat meningkatkan  stamina pleci.

3. Apel

Keunggulan apel yang baik adalah apel yang asli Indonesia, sifat dan kandungan gizinya belum hilang karena transportasi dan lainnya, berbeda dengan apel yang dari luar cenderung lebih banyak kadar vitamin yang hilang. Sehingga disarankan untuk memberikan apel yang masih segar karena kandungan apel segar sangat banyak manfaatnya berikut kandunganya;

  1. Mampu meningkatkan bisahi (bisa dicampur dengan kroto dengan cara diparut
  2. Mampu mencegah  dehidrasi dan mencukupi nilai gizi dan nutrisi
  3. Dapat meningkatkan kekebalan tubuh pleci

4. Wortel

Selain menandung vitamin A ternyata wortel juga banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh pleci kesayangan sobat mania.

5. Tomat

Selain menjadi makanan favorit burung pleci ternyata tomat juga mampu meningkatkan semangat pleci karena nilai gizi yang dikandungnya sangat banyak.Sehingga baik untuk diberikan pada burung pleci terutama masih dalam keadaan segar.

6. Kelengken

kelengkeng  yang manisnya luar biasa dengan biji buah berwarna hitam ini juga ternyata sangat baik bagi perkembangan pleci, dan berikut khasiatnya;

  1. Dapat mencegah dan menghilangkan pleci yang stress.
  2. Mampu meningkatkan  stamina pleci khususnya saat masa mabung
  3. Melancarkan pencernaan pleci.
  4. Merangsang  pleci rajin berkicau

7. Jeruk

Jeruk merupakan salah satu buah yang sangat disukai oleh pleci, selain banyak mengandung vitamin C dan A . Ternyata jeruk mempunyai banyak nilai gizi dan khasiat dan berikut paparanya;

  1. Dapat menurunkan suhu tubuh pleci yang kepanasan
  2. Dapat dijadikan sebagai pengganti nektar.
  3. Dapat menetralisir racun di dalam tubuh burung pleci.
  4. Dapat melancarkan pencernaan pleci.
  5. Dari kulit jeruk bisa digunakan untuk terapi burung yang susah mabung

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Seputar Pantangan Makanan Yang Di Anjurkan dan Yang Harus Di Hindari Bagi Burung Pleci