Saturday, December 10, 2016

cara berternak lovebird untuk pemula

cara berternak lovebird untuk pemula- hay kicau mainia Tips Kicau Burung akan membahas tentang tips berternak untuk pemula .Beternak burung lovebird memang bisa dibilang susah-susah gampang. Tergantung bagaimana Anda memulai usahanya dan mengerti dengan lebih detail cara ternaknya. Untuk pemula, berikut kami sajikan beberapa langkah utama dalam ternak burung love bird yang bisa diikuti.


1.Persiapan awal, sangkar burung
Hal pertama yang harus disiapkan adalah sangkar burungnya. Sebagai opsi, Anda bisa membuat sangkar yang terbuat dari besi dengan ukuran 50 cm x 50 cm x 50 cm. Sangkar ini cukup untuk sepasang lovebird. Dalam sangkar, siapkan kotak untuk bertelur dengan ukuran 25 cm x 20 cm x 25 cm. Selain tempat bertelur, Anda juga harus menyiapkan tempat untuk bertengger bagi sepasang burung tersebut.

2.Pemilihan bibit
Pemilihan bibit jantan dan betina memang cukup sulit karena burung ini memiliki ciri fisik yang sama antara jantan dan betinanya. Namun demikian, Anda tetap bisa membedakannya dengan cara di bawah ini;
  1. Raba tulang, jika jarak antara tulang sumpit lentur dan renggang maka jenis kelamin burung tersebut adalah betina, namun cara ini dianggap kurang akurat.
  2. Anda juga bisa membedakan jenis kelamin lovebird dari pengamatan setelah kawin. Jika 2 minggu setelah kawin, lovebird bertelur, maka jenis kelaminnya betina. Jika tidak bertelur, berarti jantan.
  3. Pastikankan love bird yang anda kawinkan sehat agar mendapatkan anakan love bird yang sehat juga 
3.Usia burung
Cara ternak lovebird selanjutnya adalah dengan mengetahui secara pasti usia produksi dari lovebird. Usia terbaik bagi lovebird untuk bertelur dan berproduksi adalah 1 tahun. Meski sebenarnya pada usia 8 bulan burung ini sudah dapat bertelur, telurnya biasanya memiliki kualitas yang kurang bagus.

4.kebersihan kandang
Tetaplah menjaga kebersihan kandang ,ini kunci utama agar lovebird anda sehatdan tidak sakit dan dapat menghasilkan anakan lovebird yang sehat juga tentunya.Bersihkan 1x dalam sehari ,bersihkan juga tempat pakan dan minum,untuk air minum usahakn ganti tiap hari untuk menghindarkan dari kuman-kuman

5.Pemberian makan
Untuk pemberian pakan berikan campuran pakan yang bervariasi agar lovebird tidak bosan tentunya.Pemberian vitamin yang dijual toko pakan burung terdekat dirumah anda ,untuk tambahan pakan berikan daun kangkung yang biasa dimakan anda ga hehee,gunanya sih ningkatin birahi burung agar burung love bird anda cepat kawin.




Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : cara berternak lovebird untuk pemula