Monday, October 9, 2017

Setingan Lomba Burung Cucak Hijau

Burung Kicau
Saya mencoba memberikan beberapa setingan lomba burung cucak hijau yang pernah saya terapkan dan hasil nya membanggakan,cucak hijau adalah burung semi fighter yang berbeda dangan burung fighter seperti murai batu atau pun kacer,untuk cucak hijau harus ada beberapa teritmen setingan lomba yang harus kita perhatikan.

Berikut tips setingan dari H-3 sampai hari H

  1. Pada H-3 dan H2 pagi-pagi hari burung kita embunkan dari jam 05.00 sampai jam 07.00 dan jangan lupa pakan di ambil saat terapi pengembunan,lalu burung di mandikan sesuai kebiasaan masing-masing biarkan burung mandi sendiri,sambil menunggu burung mandi kita bersihkan sangkar nya dari kotoran dan sisa makanan nya,setelah itu angin-anginkan burung sampai kering baru kita jemur burung 1 jam maksimal 1 setengah jam setelah burung dijemur cukup angkat dan ditempatkan pada tempat sejuk selama 15 menit dan berikan ekstra fooding jangkrik 7 ekor dan ulat hongkong 3 ekor barulah kerodong dan asingkan burung dari burung gacor yg dapat menganggu kondisi burung terpancing bunyi,sore hari nya burung dibuka kerodong berikan EF jangkrik 7 ekor lalu kerodong kembali sampai pagi hari.
  2. H-1 seperti biasa burung diembunkan,dimandikan dan dijemur seperti teritmen H-3 hanya pemberian EF ulat ditambah jadi 7 ekor lalu kerodong kembali sampai sore seperti biasa berikan EF lalu langsung kerodong burung.
  3. Pada hari H burung diembunkan hanya tidak dimandikan dan tidak dijemur pemberian EF pun dikurangi hanya 3 ekor dan ulat 3 ekor lalu kerodong kembali sampai menjelang berangkat ke perlombaan.
  4. Sesampai perlombaan kita buka kerodong berikan EF jangkrik 5 dan cek air minum nya,setelah menjelang 1 sesi naik gantangan burung dibuka kerodong dan diablak agar burung bisa beradaptasi dan terpancing birahi atau pun emosi nya,semoga tips ini bermanfaat dan bisa moncer.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Setingan Lomba Burung Cucak Hijau