Thursday, October 12, 2017

Setingan Lomba Untuk Burung Murai Batu


Kicaungedur
Pencinta burung murai batu di indonesa semakin banyak dan EO perlombaan burung pun semakin meningakat hampir di setiap Daerah sudah ada EO perlobaan burung,disini saya akan memberikan beberapa tips untuk menyeting murai batu atau si ekor panjang untuk mengikuti kelas lomba agar murai batu anda bisa maksimal dan hasil nya membanggakan,sering kali maslah banyak maslah yang di alami para kicau mania yaitu burung nya kurang maksimal saat di lombakan seperti ngempo,kurang gairah dan kiurang ngotot atau birahi kurang pas saat di lombakan sehingga burung tidak memberikan kualitas maksimal nya saat kerja di gantangan,baik langsung saja saya berikan teritmen tips settingan nya:

Tips Settingan;

  1. H-6 burung mulai masuk teritmen settingan lomba yaitu pagi hari burung di keluarkan atau di embunkan pada pukul 05.00 sampai terbit matahari sekitar jam 07.00 barulah mandikan burung di keramba,sambil menunggu burung mandi bersihkan sangakr dan siapkan pakan voor,air minum masak,jangkrik 5 biji dan kroto satu sendok masukan pada cepuk khusus,bila pakan sudah siap dan burung sudah selesi mandi barulah burung di pindahkan ke sanagkar yang sudah di bersihkan lalu jemur burung 1 jam saja dan angin-anginkan sebentar di tempat sejuk barulah pakan semua nya di masukan ke dalam sangkar biarkan burung makan lalu krodong dan simpan burung di tempat yang sejuk sambil di berikan masteran lakukan teritmen tesebut secara konsisten smapai H-3.
  2. Setelah proses H-6 smapai H-3 di lakukan baru lah kita masuk teritmen berikut nya H-3,nah proses H-2 di sini sedikit berbeda dengan proses tritmen berikut nya pada pemberian ef pada teritmen sebelum nya burung di berikan jangkrik 5 biji kini di tambah menjdi 7 biji kroto seperti biasa dan burung di isolasikan pada tempat yang sepi tanpa ada suara burung lain lakukan seperti ini di H-1 juga.
  3. Lalu setelah teritmen seblum nya sudah di lakukan saat nya kita setting pada hari H ini lah posisi burung sudah pada titik birahi yang tepat untuk di dongkrak untuk lebih maksimal,pagi hari burung seperti biasa proses pengembunan,tanpa mandi dan jemur hanya pemberian ef tanpa jankrik dan vor hanya di berikan kroto saja lalu krodong dan isolasi burung seperti pada H-2dan 1 sampai pada waktu saat berangkat ke tempat perlombaan jangan lupa bersihakan sngkar dan berikan jankrik 5 dan ulat 5 agar burung bisa lebih maksimal nengeluarkan materi menjaga agar burung kenyang sampai perlombaan.
  4. Saat sudah sampai perlombaan biarkan burung istirahat sejenak,lalu kontrol air minum dan berikan jangkrik 3 ekor saja,kerodong kembali sampai pada 1 sesi sebelum naik gantangan buka lah sedikit krodong nya biarkan burung beradaptasi dengan arena perlombaan sampai waktu nya di gantangkan,semoga jagoan anda moncer.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Setingan Lomba Untuk Burung Murai Batu