Sunday, October 8, 2017

Tips Settingan Lomba Untuk Burung Kenari

Kicaungedur
Kenari adalah burung penyayi yang sangat merdu. Dan pencita burung kenari di Indonesia terbilang lumayan banyak karena kicauan nya yang merdu. Saya akan memberikan beberapa tips setingan kenari untuk lomba dan semoga tips ini bisa membantu kenari mania yang saat ini masih belum menemukan settingan untuk jagoan nya. Berikut tritmen harian yang harus di lakukan.

  1. Setelah matahari terbit kisaran pukul 07.00,burung diberikan cepuk besar dan berisi air bersih agar burung mandi sendiri tanpa sepray.
  2. Setelah mandi biarkan burung menyisir bulunya sampai kering dan sambil kita bersihkan sangkar dari sisaan pakan atau kotorean.
  3. Lalu burung dijemur sampai pukul 10.00,lalu setelah itu diangin-anginkan selama 15 menit dan jangan lupa berikan pakan seperti biji-bijian,sayuran dan air minum yang sudah di berikan vitamin burung.
  4. Untuk pakan harian saya berikan kenarisit di campu
  5. Burung di keluarkan pada pagi hari sekitar pukul 05.30,tanpa pakan dan minum apabila kita merawat lebih dari 1 burung kenari usahakan jangan saling melihat bisa di halangi oleh kerodong.
  6. r biji sawi dan niger,untuk telur puyuh saya berikan 2x dalam 1 minggu dan untuk sayuran saya berikan setiap hari berbeda-beda seperti senin dan kamis saya berikan sawi putih,untuk selasa saya berikan jagung dan hari rabu saya berikan sawi hijau lalu hari jumat dan sabtu saya mulai masukan setingan khusus yaitu pakcoi/pecai,lakukan tritmen setingan harian ini secara konsisten.
  7. Untuk hari H lomba saya menyeting burung kenari tidak terlalu banyak tritmen karena sudah di lakukan setingan pada kenari di hariannya,cukup pagi dibuka angin-anginkan sebentar lalu berikan pakan kenari lomba,sayuran berikan pakcoi/pecay lalu bersihkan sangkar burung lalu kerodong kembali dan isolasi burung di tempat yang sepi.
  8. Sesampai di perlombaan biarkan burung di tempat yang sejuk sambil di kerodong hanya saja kita cek kondisi birahi nya kalau terlalu birahi coba lah semprot menggunakan seprey dengan semprotan lembut jangan sampai burung basah lalu kerodong kembali,1 sesi sebelum di gantangkan coba buka kerodong dan ablak burung biarkan burung berkicau agar bisa beradaptasi dengan tempat dan suasana perlombaan,selamat mencoba peroses semoga jagoan anda bisa moncer.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Settingan Lomba Untuk Burung Kenari