Saturday, January 20, 2018

Campuran Pakan Untuk Penangkaran Burung Lovebird

campuran pakan lovebird

Beberapa peternak kenari dan lovebird lebih suka mengatur ransum mereka sendiri yang diberikan pada burung induk, selain menghemat biaya operasional formula pakan buatan sendiri ini juga memiliki kandungan nutrisi yang harmonis dan seimbang yang sangat mendukung produktivitas peternak. Selama ini istilah formula pakan lebih dikenal di peternakan ayam, ayam broiler (ayam pedaging), ayam petelur, bebek, dan burung puyuh. Dengan menggunakan beberapa bahan baku tertentu, mereka mengumpulkan ransum untuk ternak mereka. Peternak burung berkicau termasuk kenari dan lovebird jarang melakukannya meski sebenarnya bisa, peternak lovebird cenderung hanya memberi milet putih sebagai makanan utama mereka, dan jarang disertai pakan biji bijian lainnya.

Padahal milet tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan lovebird pada masa penjodohan, proses bertelur, atau saat merawat anak-anaknya. Hal yang sama berlaku bagi sebagian besar peternak kenari, mereka lebih suka membeli apa yang disebut makanan bermerek, yang harganya pasti tidak murah. Jika jumlah induknya hanya 1-2 ekor tentu saja harga pakan mahal tidak menjadi masalah. Tapi kalau jumlah ibu cukup banyak, lebih irit jika makanan campuaran di racik sendiri.

Dari beberapa petani lovebird dan kenari yang berpengalaman memiliki formula pakan yang bisa diaplikasikan untuk penangkaran burung.

Berikut adalah formula pakan ternak untuk penangkaran burung kenari dan lovebird.

Formula pakan bijian untuk ternak kenari
1. 1 kg canary seed
2. 1/2 kg biji sawi
3. 1/4 kg biji kunyit
4. 1/4 kg milet putih/merah
5. 1 ons biji niger

Cara Pembuatan :
Semua bahan diaduk sampai tercampur merata.
Komposisi di atas dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan.

Formula pakan bijian untuk ternak lovebird
1. 1,5 kg milet putih
2. 1/2 kg canari seed
3. 1/4 kg gabah bangkok atau bisa juga beras merah.
4. 1/4 kg milet merah
5. 1/4 kg kacang hijau
6. 1,5 ons biji bunga matahari / kwaci

Cara Pembuatan :
Semua bahan diaduk sampai tercampur merata.
Komposisi di atas dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan.

Mohon diingat kedua formula pakan tersebut hanya mencakup pakan bijian yang merupakan pakan utama untuk lovebird maupun kenari. Artinya belum mencakup pakan tambahan / extra fooding (EF) seperti buah-buahan dan sayuran. Jadi Anda tetap harus memberikan EF untuk induk lovebird dan kenari.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Campuran Pakan Untuk Penangkaran Burung Lovebird