Saturday, January 20, 2018

Cara Merawat Lovebird Biru Agar Tampil Maksimal Dalam Perlombaan

perawatan lovebird biru

Lovebird biru yang juga dikenal sebagai burung lovebird paruh putih ini umumnya dipelihara sebagai burung masteran, karena memiliki suara yang panjang dan kasar. Bahkan jika dirawat dengan baik, lovebird biru juga mampu bermain stabil saat di lombakan. Lovebird biru sangat diminati karena warnanya yang indah, selain itu Lovebird biru juga dikenal sangat mudah dipelihara sebagai master dan dibesarkan. Banyak mania lovebird yang tertarik untuk memeliharanyanya, karena burung ini mudah di rawat. Apalagi suaranya sangat kasar dan bisa ngekek dengan durasi yang lebih lama dibanding lovebird standar. Meski begitu banyak kicaumania yang mengaku kesulitan dalam mengelola birahi lovebird biru, apalagi saat ini di lombakan. Selain sering ngetem saat perlombaan, Lovebird biru juga memiliki sifat terlalu agresif yang bisa mempengaruhi penampilan menjadi kurang maksimal.

Beberapa keluhan ini umumnya disebabkan oleh kurangnya pemahaman mereka tentang cara merawat lovebird biru, karena jika dengan pola perawatan harian yang tepat Lovebird biru akan memiliki performa yang cukup memukau saat berkompetisi. Berikut perawatan Lovebird biru yang perlu diketahui agar burung bisa tampil maksimal di lapangan.

Berikut beberapa tip untuk perawatan lovebird biru agar selalu siap bersaing dan bisa tampil maksimal :

1. Lovebird biru menyukai tempat yang panas
Kebanyakan lovebird biru suka berada di tempat yang panas, karena itu dalam perawatan sehari-hari, penjemuran harus lebih rutin dilakukan dengan durasi waktu yang disesuaikan. Secara umum penjemuran bisa dilakukan setelah burung tersebut dimandikan di pagi hari, dan berakhir pada siang hari. Durasi pengeringan biasanya bervariasi, namun umumnya berlangsung selama 2 - 3 jam.

2. Di angin anginkan di tempat yang hangat
Selesai di bawah sinar matahari, lovebird biru kemudian di anginkan di tempat sejuk namun hangat hingga sore hari, jika dianginkan di tempat yang terlalu dingin / lembab, liabilitasnya cenderung menjadi tidak stabil.

3. Beri makan milet putih
Hal terpenting lainnya dalam perawatan lovebird biru adalah masalah pakan, dalam hal ini beri pakan putih milet dan extra fooding (EF) berupa jagung muda yang manis, dan sesekali diberi potongan daun sawi putih.

4. Tambahkan multivitamin
Untuk menjaga kondisi lovebird biru agar selalu aktif dengan birahi yang stabil, jangan lupa beri multivitamin seperti BirdVit setiap 2-3 hari. Teteskan multivitamin dalam air minum atau bisa juga dioleskan ke pakan tambahan, penyediaan multivitamin dapat membantu menjaga kesehatan dan kondisi burung sekaligus menstabilkan birahinya agar selalu siap untuk lomba.

5. Kerodong Lovebird biru di malam hari
Di malam hari kandang lovebird di kerodong sehingga burung bisa beristirahat total dan mengumpulkan energinya untuk hari esok, selain itu kerodong bisa menjaga agar kondisi tubuh lovebird tetap hangat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Merawat Lovebird Biru Agar Tampil Maksimal Dalam Perlombaan