Thursday, January 25, 2018

Penyebab Dan Cara Mengatasi Burung Cendet Sering Ngetem

mengatasi burung cendet ngetem

Dalam perlombaan di kelas burung cendet sering kali kita melihat burung yang tidak bisa tampil optimal, misalnya burung sering ngetem atau hanya diam jadi burung tidak akan di lirik oleh juri. Apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya, mari kita lihat beberapa penyebab cendet burung sering ngetem di lapangan dan cara mengatasinya atau kenali penyebab cendet yang sering ngetem di lapangan dan cara mengatasinya. Kasus cendet sering ngetem saat diperlombakan sebenarnya lebih sering dialami oleh burung muda atau tidak memiliki pengalaman yang memadai di lapangan. Suasana yang ramai menyebabkan cendet mengalami "demam panggung".

Meski begitu masih ada beberapa faktor lain yang menyebabkan burung cendet sering ngetem di lapangan antara lain :

1. Kurangnya isian isisan suara yang di miliki.
Suara masteran atau isian dari burung cendet sebenarnya bisa menjadi modal di lapangan alias saat melihat lawan-lawannya, jika suara isian yang di milikinya bervariasi cendet dengan cepat akan berpindah dari satu lagu ke lagu lainnya. Kondisi ini tentu berbeda jika burung jarang dilatih dengan masteran,  suara isian yang tak bervariasi akan menyebabkan burung tersebut berhenti alias ngetem sebelum beralih ke lagu isian lainnya.

Solusinya adalah jika burung cendet sering membawa satu lagu berulang-ulang / ngeban, maka lakukan pemasteran dengan suara dengan karakter tembakan atau ngerol. Dengan begitu tidak ada kesempatan bagi burung untuk berhenti di tengah jalan.

2. Kondisi burung cendet kurang fit
Jika sebelumnya burung cendet tidak pernah menunjukkan perilaku ngetem saat diperebutkan maka kemungkinan besar kondisi burung kurang prima, kondisi tubuh yang lemah akan membuatnya tidak dapat tampil dengan durasi maksimal.

Solusinya adalah setelah pulang atau setelah mengikuti perlombaan, pisahkan cendet dari kehadiran burung lain. Selanjutnya bantu si burung untuk mendapatkan kehangatan untuk mempercepat pemulihan, dalam hal ini Anda bisa menambahkan lampu bohlam di atas sangkar. Selain itu beri multivitamin seperti BirdVit secara teratur, sehingga kasus serupa tidak akan terjadi lagi saat burung kembali berkompetisi di arena lomba.

3. Pengaruh settingan kurang pas
Settingan yang terlalu rendah pada bagian extra fooding (EF) akan membuat cendet mudah ngetem, dengan kadar protein rendah burung menjadi kurang gigih. Selain itu burung cendet juga tidak memiliki cukupbirahi sehingga tidak bisa merespon musuhnya secara optimal.

Perubahan settingan biasanya dialami oleh burung cendet berganti pemilik baru, bisa juga terjadi pada cendet yang baru saja menyelesaikan mabung atau Anda sengaja mencoba setting baru. Solusinya adalah dengan memberikan setelan harian dan setelan perlombaan yang sesuai dengan karakter burung.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Penyebab Dan Cara Mengatasi Burung Cendet Sering Ngetem