Saturday, February 3, 2018

Cara Mengembalikan Mental Burung Kenari Setelah Mabung

perawatan kenari mabung

Mengembalikan mental burung kenari setelah mabung juga banyak di keluhkan oleh kicaumania karena burung kenari penampilannya menurun pascamabung, padahal setelah menyelesaikan mabung kebanyakan jenis burung kicau biasanya benar-benar meningkat kinerjanya apalagi sekitar 1-2 bulan setelah bulu baru tumbuh sempurna. Proses alami mabung menjadi periode yang sangat menyakitkan bagi burung kicau, karena pada saat itu burung tersebut akan menggunakan seluruh energinya untuk proses pelepasan bulu lama dan pertumbuhan bulu baru. Untuk menunjang prosesnya burung harus mendapat asupan protein tinggi begitu juga multivitamin agar kondisi tidak turun, perawatan yang tepat juga bisa membuat proses mabung akan berjalan sempurna.

Setelah mabung tidak berarti burung bisa kembali tampil seperti biasa, burung membutuhkan waktu untuk memulihkan dan mengumpulkan energi yang telah mereka gunakan. Sayangnya masih banyak kicaumania yang belum menyadarinya dan memaksa burung peliharaannya untuk tampil di arena lomba, akibatnya banyak yang kecewa karena penampilan burung tampil kurang memuaskan.

Pada dasarnya beberapa minggu setelah menyelesaikan mabung, burung kenari dan burung kicau lainnya akan berada dalam kondisi prima. Saat itu penampilannya menjadi sangat maksimal karena kenari berada dalam kondisi sangat fit. Di alam liar kondisi yang sangat pas ini biasanya digunakan kenari untuk mendapatkan pasangan dan berkembang biak, pada manusia burung kenari dalam kondisi seperti itu hanya bisa di dapat jika mereka mendapat perawatan yang tepat sebelum dan sesudah mabung.

Kondisi yang sama juga bisa terjadi pada kenari yang sudah mendapat perawatan maksimal sebelum dan sesudah mabung, karena itu setelah menyelesaikan mabung burung kenari tidak perlu terburu-buru diperlombakan. Beri dia kesempatan untuk beristirahat pascamabung, agar kondisinya benar-benar fit sehingga nantinya bisa tampil lebih maksimal.

Proses pemulihan kondisi setelah mabung juga bisa menumbuhkan mental kenari seperti sebelumnya, berikut serangkaian cara yang bisa Anda coba untuk membantu mengembalikan mental burung kenari setelah mabung :

1. Rutin melakukan pengembunan.
2. Setelah matahari terbit segera mandikan kenari dengan menggunakan cepuk mandi yang dimasukkan ke dalam sangkarnya, atau bisa juga memanfaatkan cepuk air minum ukuran besar.
3. Usai mandi kenari diangin-anginkan sebentar kemudian dijemur selama kurang lebih 1 jam.
4. Berikan pakan sayur-sayuran segar setiap hari.
5. Berikan telur rebus setiap 2 hari sekali.
6. Tambahkan BirdMineral dan BirdVit setiap 2-3 hari sekali secara berselang-seling.
7. Jika diperlukan, kenari bisa diumbar dalam kandang umbaran seminggu sekali.

Dengan menerapkan metode di atas mental burung kenari akan kembali seperti dulu dan beberapa minggu kemudian burung tersebut siap untuk diperlombakan dengan kinerjanya yang lebih maksimal.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengembalikan Mental Burung Kenari Setelah Mabung