Thursday, February 1, 2018

Cara Perawatan Burung Cucak Ijo Yang Mendadak Lumpuh

burung cucak ijo lumpuh

Penyakit yang biasanya menyerang unggas (ayam, lutut, merpati, burung kicau, dll) selama masa pancaroba adalah tetelo dan kelainan saraf lainnya seperti kelumpuhan, banyak peternak murai batu mengeluhkan burung indukan mengalami kelumpuhan dan beberapa hari kemudian mati. Selain burung murai banyak burung cucak ijo sering juga mengalami kelumpuhan, kali ini akan membahas tips penanganan burung hijau yang tiba-tiba lumpuh, terutama pada masa pancaroba. Sebagian besar spesies burung pandai menyembunyikan kondisi fisik dan kesehatannya, tak heran jika burung tersebut pada awalnya dianggap sehat dan aktif tiba-tiba menderita penyakit tak terduga oleh pemiliknya. Sayangnya banyak kicaumania terlambat menyadarinya setelah momongannya mengalami masalah kesehatan yang parah seperti kelumpuhan dan stroke.

Kelumpuhan bisa dialami oleh semua jenis kicauan burung, tapi ada beberapa spesies yang rentan terhadapnya, termasuk lovebird, murai batu, cucak ijo, Kacer, kenari, dan cucakrowo juga sering mengalaminya. Banyak penyebab cucak ijo mengalami kelumpuhan, bagi yang masih awam pastinya cukup sulit untuk mendeteksi penyebab sebenarnya. Namun ada beberapa tengara yang bisa dijadikan panduan untuk Anda.

Lumpuh karena kerusakan saraf setelah cucak ijo luka, beberapa kasus yang paling umum dan risiko kerusakan saraf meliputi:

1. Sangkar terjatuh ketika burung ada di dalamnya.
2. Burung cedera karena diserang hewan predator.
3. Kaki atau sebagian tubuh burung terjepit bagian / perlengkapan sangkar.
4. Burung terlalu ketakutan / grabagan ketika melihat sesuau sehingga kerap menabrak jeruji, tenggeran, dan perlengkapan sangkar di dalamnya.
5. Burung terkena toksik atau racun setelah mengonsumsi pakan yang terinfeksi bakteri atau jamur, atau burung memakan buah-buahan yang terlalu banyak mengandung pestisida atau bahan kimia berbahaya lainnya.
6. Burung kekurangan vitamin dan / atau mineral, oleh karena itu jangan pernah mengabaikan manfaat multivitamin dan multimineral setidaknya perlu diberikan 2-3 kali seminggu.
7. Elemen mineral yang kerap mengakibatkan burung lumpuh adalah kalsium (Ca) dan fosfor (P).
8. Elemen vitamin yang kerap membuat burung lumpuh adalah vitamin D.
9. Burung terserang penyakit marek, meski penyakit ini umumnya terjadi pada ayam bukan berarti burung tak bisa mengalaminya.
10. Lumpuh akibat penyakit ND (Newcastle Disease) atau tetelo, penyakit ini biasanya diawali dengan gangguan pernafasan, suara burung tiba-tiba serak, dan beberapa hari kemudian burung mengalami kelumpuhan pada kaki dan sayapnya, serta lehernya sering berputar-putar.
11. Cucak hijau juga bisa mengalami kelumpuhan akibat mengonsumsi serangga yang mengandung racun, karena itu sobat kicaumania perlu mengetahui jenis-jenis serangga yang tidak baik dikonsumsi burung.

Sebelum kondisi cucak hijau memburuk, segera lakukan penanganannya sebagai berikut:

1. Turunkan tenggeran pada posisi yang sangat rendah misalnya sekitar 2 – 3 cm dari dasar sangkar.
2. Untuk mempercepat pemulihan kondisinya burung harus selalu berada dalam ruang yang hangat, hal ini bisa diatasi dengan menyediakan lampu penghangat tepat di atas sangkarnya.
3. Memasang alas / karpet pada bagian dasar sangkarnya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.
4. Hindari memegang tubuh cucak hijau jika tidak diperlukan, memegang tubuh burung yang sakit akan memicu stres berlebihan dan bisa berakibat sangat fatal. Jika ingin memegangnya sebaiknya dilakukan saat memberi obat, itupun harus dengan bantuan handuk untuk menutupi tubuhnya.
5. Segera berikan pengobatan secara tepat yakni menggunakan BirdBro, produk ampuh dalam bentuk serbuk yang dikemas dalam botol isi 25 gram ini disusun dari sejumlah komponen multivitamin (terutama B1, B6 dan B12), multimineral (khususnya Ca dan P), dan diperkaya bahan-bahan lain yang berfungsi memulihkan fungsi saraf dan mengembalikan stamina burung.

Dengan menerapkan pola perawatan seperti di atas, diharapkan dapat membatu memulihkan kondisi burung cucak hijau yang lumpuh tersebut.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Perawatan Burung Cucak Ijo Yang Mendadak Lumpuh