Friday, March 9, 2018

Cara Mengatasih Suara Burung Cucak Ijo Yang Kemasukan Suara Kedasih

mengatasi suara wiwik cucak ijo

Burung cucak ijo adalah jenis burung peniru yang cerdas karena suara yang dia dengar bisa ditiru dengan baik, berkat kecerdasanya banyak kicaumania yang mengeluh karena burung cucak ijo mereka meniru suara dari burung kedasih dan bisa meniru dengan lancar. Tidak perlu kecewa berikut tips mengatasi cucak ijo yang meniru suara burung wiwik atau kedasih,  sudah sejak lama kalau burung kedasihi sering dianggap pembawa kabar buruk apalagi jika disertai dengan suara kicauan yang mendayu-dayu. Bagi kicaumania di Indonesua suara burung kedasih dianggap kurang bagus jika ditiru burung peliharaannya, suara yang terlalu mengalun tidak dianggap bagus sebagai tuan.

Selama ini yang paling sering diganggu dengan mitos ini adalah penggemar cucak hijau, apalagi jenis burung ini sangat bagus menirukan berbagai suara yang didengarnya. Burung cucak hijau dikenal sebagai burung yang banyak suara, saat mendengar suara yang menarik perhatiannya ia akan berusaha menirunya sedekat mungkin termasuk suara wiwik.

Mengatasi burung hijau yang meniru suara wiwik sebenarnya cukup sederhana, jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan jika kicauan burung Anda tiba-tiba mengeluarkan suara kedasi.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi burung cucak ijo yang meniru suara kedasi :

1. Jika lingkungan sekitar rumah Anda kerap dijadikan ampiran burung kedasih, untuk mencegah cucak ijo meniru suara lantunannya Anda bisa segera memutarkan suara burung lain. Cara ini dapat memecah konsentrasi atau mengalihkan perhatian burung cucak hijau, sehingga tidak meniru suara burung wiwik. Putarkan saja suara burung dari mp3 atau lagu-lagu berirama ramai.

2. Mendekatkan cucak hijau dengan burung masteran yang dominan bersuara tembakan, misalnya ciblek, cucak jenggot, lovebird, cililin, pelatuk, dan sebagainya. Selama masa pemasteran ulang ini jauhkan cucak hijau dari burung yang bersuara mengalun atau mirip suara siulan. Sebab hal tersebut bisa membuat burung terpancing untuk mengeluarkan suara wiwiknya.

3. Jarang sekali burung cucak hijau mengeluarkan suara wiwiknya pada saat dilombakan, suara wiwik akan lebih sering dilantunkannya saat sendirian. Anda perlu menyediakan teman berkicau untuknya yaitu dengan cara mendekatkan cucak ijo dengan jenis burung lain yang memiliki suara tembakan, misalnya ciblek, cucak jenggot, platuk, lovebird, atau cililin. Dengan begitu cucak hijau akan ikut-ikutan mengeluarkan suara tembakannya, bahkan meniru suara burung masterannya itu.

4. Meningkatkan porsi pakan tambahan / EF dalam perawatan hariannya juga bisa membantu mengatasi masalah ini, burung cucak hijau akan lebih rajin berkicau dengan suara masterannya yang bagus dan melupakan suara jeleknya itu.

Itulah beberapa hal yang bisa membantu Anda mengatasi burung hijau saat kebobolan wiwik atau suara tercinta.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengatasih Suara Burung Cucak Ijo Yang Kemasukan Suara Kedasih