Saturday, April 14, 2018

Cara Mengatasi Lovebird Yang Terlambat Ngekek Di Lapangan

lovebird ngekek

Pernah mengalami ngekek lovebird yang terlambat di Lapangan
Banyak pemain lovebird yang mengalaminya, mengekek terlambat di lapangan biasanya terjadi di awal sesi, mungkin karena belum panas. Setelah ditantang, sang lovebird tidak segera ingin bersuara. Berbeda dengan di sesi berikutnya, burung-burung biasanya langsung ngekek jadi digantang.

Untuk mengatasi terlambatnya ngekek lovebird di lapangan, berikut tips yang bisa menjadi referensi bagi anda yang memiliki atau akan menghadapi masalah serupa.

1. Sehari sebelum balapan (H-1), lovebird tidak perlu dijemur lagi. Pagi hari cukup diembunkan, lalu disemprot lembut (agak basah) dan dianginkan. Selanjutnya burung disimpan dalam ruang yang tenang dijauhkan dari lovebird yang lainnya. Apakah saat disimpan dalam ruangan yang tenang burung harus dikerodong, tergantung kebiasaan pemilik / perawat terhadap lovebirdnya.

2. Pada hari lomba sebelum berangkat ke lapangan burung diembunkan, kemudian disemprot halus / lembut dan dikerodong, selanjutnya sangkar diletakkan pada tempat yang sejuk sampai dibawa ke arena lomba. Jika berangkat pagi-pagi buta kita cukup membersihkan sangkar, mengecek pakan dan air minum kemudian dikerodong dan berangkat ke arena lomba

3. Ketika Anda tiba di arena balapan pilih salah satu lokasi yang tenang, biarkan lovebird ngekek duludan kalau burung sudah ngekek barulah kerodongnya dibuka.

4. Selanjutnya burung digantang di mana saja atau bisa juga di gantangan biar ngekek sekali – dua kali, hal ini bertujuan agar burung bisa beradaptasi terhadap suasana atau lokasi perlombaan. Apabila lovebird terlihat mompa atau ngetik (kondisi kenceng diperhatikan), Anda bisa menyemprot dadanya secara lembut sekali atau dua kali kemudian langsung dikerodong.

5. Kira-kira dua sesi sebelum digantang atau sekitar 15-20 menit sebelum digantang, kerodong dibuka untuk mengambil pakan dan air minumnya sekaligus membersihkan dasar sangkarnya. Setelah itu burung dikerodong lagi, ditaruh di tempat sejuk sampai dibawa ke arena lomba untuk digantang.

6. Usahakan burung jangan ngekek terus ketika berada di paddock, agar staminanya terjaga pada saat lomba dimulai, mengenai pakan tambahan / extra fooding (EF) berikan jagung muda sejak H-1 hingga Hari H

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengatasi Lovebird Yang Terlambat Ngekek Di Lapangan